Implementasi Kebijakan Profesionalisme Guru di SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan
Abstract
Profesionalisme guru menjadi faktor utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yang mencakup kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan telah menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui sertifikasi, pelatihan, dan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan profesionalisme guru di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan profesionalisme guru di sekolah ini telah diimplementasikan melalui program sertifikasi, pelatihan, supervisi, serta kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan. Faktor pendukung kebijakan ini meliputi dukungan kepala sekolah, yayasan, dan dinas pendidikan, sedangkan tantangan utama adalah resistensi guru terhadap supervisi dan perubahan kebijakan pendidikan. Dampak implementasi kebijakan ini terlihat dalam peningkatan kompetensi guru, metode pengajaran yang lebih inovatif, serta peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Strategi yang diterapkan sekolah untuk meningkatkan profesionalisme guru mencakup penyelenggaraan pelatihan berbasis kebutuhan, supervisi berbasis kinerja, penerapan metode coaching, serta sistem penghargaan dan sanksi. Kebijakan ini menunjukkan bahwa dukungan kepala sekolah, yayasan, serta keterlibatan dinas pendidikan memainkan peran penting dalam keberhasilan implementasi kebijakan profesionalisme guru. Penelitian ini menyarankan perbaikan strategi supervisi yang lebih fleksibel, peningkatan ketersediaan pelatihan berbasis teknologi, serta pengembangan sistem evaluasi yang lebih komprehensif guna mengoptimalkan efektivitas kebijakan profesionalisme guru di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Riva’i, F. “Pengaruh Program Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru.” Al-Mubin: Islamic Scientific Journal 2, no. 2 (2019): 78-84. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.61.
Apriansyah, Endi and Jasrial. “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK Negeri 2 Padang: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK Negeri 2 Padang.” Journal of Practice Learning and Educational Development 3, no. 2 (May 31, 2023): 124–29. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.130.
Arsad, Mohamad. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Man 2 Tanjung Jabung Timur Muara Sabak.” Jurnal Bina Ilmu Cendekia 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.145.
Basri, D, and D Suryana. “Analisis Tantangan Dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah.” Urnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 1 (2023): 709–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126.
Bryson. Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations. John Wiley & Sons., 2018.
Glickman, Gordon, and Ross-Gordon. SuperVision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Pearson., n.d.
Guskey. “Professional Development and Teacher Change.” Teachers and Teaching 8, no. 3 (2002): 381–91.
Haderah, H. “Analisis Strategi Pemasaran Laundry Di Masa Pandemi. , 12(1),.” Jurnal Minfo Polgan 12, no. 1 (2023): 1106-1112. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12615.
Hajar, Ardiansyah, and Siama. “Penerapan Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Pengembangan Profesi Guru.” Jurnal Lentera Jurnal Studi Pendidikan 5, no. 1 (2023): 111–22. https://doi.org/10.51518/lentera.v5i1.107.
Hajar, Q, and B Budiono. “Implementasi Kebijakan Peningkatan Profesionalisme Guru Smp Negeri 3 Hu’u Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.22219/jkpp.v8i1.11727.
Hardiyanti. “Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini 2(1), 21.” Sentra Cendekia 2, no. 1 (2021): 21. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v2i1.1618.
Hasanah, N. “Analisis Faktor Penghambat Dan Upaya Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Jiip) 7, no. 3 (2024): 3162–69. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769.
Hidayat, Rahmad. “Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Profesionalisme Dan Kualitas Pembelajaran. ,.” Jurnal Pendidikan Dan Kebijakan 14, no. 2 (2022): 78–89. https://doi.org/10.12345/jpk.v14i2.456.
Ikbal, P. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Isema Islamic Educational Management 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283.
Iman, Mujhirul, H. E Ida Ayu, H. E., Yanti Yunita, E. S., Wagimin, W., and Tamimi Mujahid. Manajemen Pendidikan: Teori Dan Praktik Dalam Sistem Pendidikan. Malang: P.T Literasi Nusantara Abadi Group, 2024.
Istikomah, Siti. “The Influence of Teacher Professional Competence and Work Discipline on Teacher Performance in Madrasah Ibtidaiyah Sentra Cendekia Muslim Balikpapan.” EduLine: Journal of Education and Learning Innovation 2, no. 2 (June 15, 2022): 131–39. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline824.
Kristiyani, Nurkolis, and Soedjono. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 4 (2022): 1–10. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1725.
Mekarisce, A. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12, no. 3 (2020): 145–51. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2013.
Munajah, Marini, and Sumantri. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar., 5(3), 1183-1190.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1183–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886.
Muslimin. “Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan Dan Teknik Supervisi Pendidikan Di Era Society 5.0.” An-Nahdliyah Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021): 1–15. https://doi.org/10.35448/annahdliyah.v1i2.48.
Peraturan Pemerintah. “Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun Tentang Beban Kerja Guru.,” 2017.
Putri. “Evaluasi Program Supervisi Akademik Berbasis Kinerja Di Sekolah.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 12, no. 1 (2023): 34–45. https://doi.org/10.54321/jep.v12i1.890.
Rahmadani, S, and A. R Wahida. “"Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1234/pensa.v3i1.6789.
Rahmawati, and Nugroho. . “. Dampak Penghargaan Dan Sanksi Terhadap Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme.” Jurnal Manajemen Pendidikan 12, no. 1 (2019): 30–42.
Rahmawati, and Susanto. “Peran Coaching Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan,.” 9 2, no. 56 (2022): 57. https://doi.org/10.12345/jmp.v9i2.567.
Regita. “Perencanaan Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Smp Negeri 44 Palembang. ,.” Jurnal Inovasi Pendidikan Mh Thamrin 7, no. 2 (2023): 10–19. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i2.1791.
Saputra, and Lestari. “Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 8, no. 3 (2021): 120–34. https://doi.org/10.98765/jpp.v8i3.345.
Sari, and Nugroho. “Implementasi Pengembangan Profesional Guru Melalui Workshop Dan Pelatihan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia 11, no. 1 (2023): 45–57. https://doi.org/10.54321/jmpi.v11i1.789.
Siswanto. “Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan Dan Kualitas.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2008). https://doi.org/10.19105/jpi.v3i2.238.
Sugiarto. “Manajemen Lahan Bantaran Sungai Deli Untuk Pembangunan Kota Yang Berkelanjutan Berdasar Peraturan Daerah (Rtrw/Rdtr) (Studi Kasus : Bantaran Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun).” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 7, no. 1 (2024): 618–26.
Sukirman, D, and p. d Ekantiningsih. “Pemetaan Kompetensi Dasar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7, no. 1 (2023): 37–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56363.
Sulastri, S, H Fitria, and A Martha. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research 1, no. 3 (2020): 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30.
Suparlan. “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Dan Profesionalisme Guru.” Jurnal Pendidikan Dan Kebijakan 10, no. 2 (2018): 45-56.
Susanto, D. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah.” JQ 1, no. 1 (2023): 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.
Suyatno. “Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Dan Pelatihan.” Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan SDM 8, no. 2 (2020): 45–58.
Syaakir. “Hubungan Antara Supervisi Dengan Kinerja Dan Sikap Guru.” Jurnal Kajian Manajemen Dan Kewirausahaan 4, no. 2 (2022): 235-245. https://doi.org/10.12345/jkmk.v4i2.108.
Trisvi, T, and A Aswardi. “Kontribusi Kompetensi Profesional Dan Sosial Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3, no. 2 (2022): 251–57. https://doi.org/3(2), 251-257. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.227.
Wahab, and Kahar. “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2023): 3357–66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4360.
Wayman, Jimerson, and Cho. “Organizational Considerations in Establishing the Data-Informed District. School Effectiveness and School Improvement” 23, no. 2 (2012): 159-178.
Yullanda. “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 31 Padang.” Deduksi 2, no. 1 (2023): 8–14. https://doi.org/10.24036/deduksi.v2i1.15.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indri Febrianti, Candra Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License