Pengaruh Pola Asuh Otoriter dan Self-Esteem terhadap Bullying pada Siswa SMA

Khairina Lubis, Hasanuddin Hasanuddin, Salamiah Sari Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk pengaruh pola asuh otoriter dan self esteem terhadap bullying pada siswa sma Metode riset menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda dengan SPSS. Teknik Sample yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah 213 Siswa. alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Pola Asuh otoriter , Self Esteem dan Bullying. Hasil Penelitian ini menyatakan ada Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap bullying dengan nilai 4,65% pola asuh dapat mempemgaruhi bullying pada seorang siswa. Ada pengaruh Self Esteem terhadap Bullying dengan besar nilai 7,9%. Ada pengaruh pola asuh otoriter dan self esteem terhadap bullying siswa.


Keywords


pola asuh otoriter, self esteem, bullying.

Full Text:

PDF

References


Ariesto, A. Pelaksanaan Program Anti Bullying Teacher Empowerment Program di Sekolah. Depok: Universitas Indonesia, 2009.

Astuti, Ponny Retno. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan pada Anak. Jakarta: Grasindo, 2008.

Coloroso, Barbara. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Diterjemahkan oleh Santi Indra Astuti. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2007.

Dariyo, Agoes. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Djuwita, R. “Kekerasan Tersembunyi di Sekolah: Aspek-Aspek Psikososial dari Bullying.” Didplb.or.id, 2006.

Donnellan, G. Bullying. Cambridge, England: Independence Educational Publishers, 2006.

Korua, S.F., E. Kanine, dan H. Bidjuni. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja SMK Negeri 1 Manado.” E-Journal Keperawatan (e-Kp 3, no. 2 (2015): 1–7.

Kurnia, Imas. Bullying. Yogyakarta: Istana Media, 2019.

Priyatna, A. Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah & Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

Rigby, Ken. Bullying in Schools: And What to Do About It. Camberwell, Australia: Acer Press, 2007.

Santrock, John W. Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga, 2003.

Sejiwa. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo, 2008.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Wiyani, Ardy. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khairina Lubis, Hasanuddin Hasanuddin, Salamiah Sari Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787