Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Randualas

Umi Sholihatin, Joko Subando

Abstract


Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran sangat penting, hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan multimedia terhadap motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Randualas. Dengan metode kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 33 siswa sebagai sampel yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang mengukur dua variabel: penggunaan multimedia dan motivasi belajar, dengan skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus Product Moment Pearson untuk menghitung koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan multimedia dan motivasi belajar siswa, dengan koefisien korelasi r 0.92 Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga disarankan agar guru lebih banyak menerapkan multimedia dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran di MI Muhammadiyah Randualas.


Keywords


Multimedia, Motivasi Belajar, Fikih

Full Text:

PDF

References


Alim, S. Metode Pengajaran Fikih di Madrasah. Rineka Cipta, 2023.

Almerico, G.M. “The Benefits of Using Multimedia in the Classroom.” International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 31, no. 1 (2019): 1–8.

Amin, M. Pendidikan Fikih: Konsep dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya, 2021.

Aminah, L., and R. Sari. “Pengertian Pendidikan Fikih dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2022): 55–68.

Deci, E.L. Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press, 2020.

Deci, E.L., and R.M. Ryan. “Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions.” Contemporary Educational Psychology 25, no. 1 (2000): 54–67.

Eccles, J.S., and A. Wigfield. Development in Achievement Motivation. Academic Press, 2021.

Fatmawati, L. “Kemandirian Belajar dan Motivasi Siswa.” Jurnal Kajian Pendidikan 11, no. 2 (2023): 77–89.

Hidayat, A. “Tujuan dan Manfaat Pendidikan Fikih.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam 11, no. 2 (2023): 23–34.

Hockly, N. Digital Literacies. Oxford University Press, 2018.

Kusnadi, S. Video Pembelajaran: Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Andi, 2022.

Maslow, A.H. “A Theory of Human Motivation.” Psychological Review, 2021.

Mayer, R.E. Learning in Multimedia Environments. Cambridge University Press, 2020.

Miarso, Y. Pengantar Multimedia Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu, 2020.

Moreno, R., and R.E. Mayer. “Interactive Multimodal Learning Environments.” Educational Psychologist 42, no. 4 (2007): 245–57.

Nasution, H.M.D. Metodologi Pendidikan Fikih. Kencana, 2022.

Nasution, S. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2023.

Pekrun, R. “Emotion and Achievement.” Educational Psychologist, 2021.

Prasetyo, Z. Model-Model Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, 2022.

Putri, R.A., and H. Amir. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 1 (2023): 45–57.

Raharjo, M. Pemanfaatan Animasi dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press, 2023.

Rizal, F. “Analisis Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Siswa 7, no. 3 (2022): 200–210.

Rizal, M., and S. Fatimah. “Metodologi Pembelajaran Fikih di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 9, no. 3 (2023): 77–89.

Ryan, R.M., and E.L. Deci. “Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions.” Contemporary Educational Psychology, 2020.

Sari, M., and A. Pramono. “Utilization of Multimedia in Education: A Comprehensive Review.” Jurnal Teknologi Pendidikan 11, no. 3 (2022): 213–22.

Sayuti, M.T. Pendidikan Akhlak dan Fikih. Pustaka Pelajar, 2022.

Schunk, D.H., and B.J. Zimmerman. Self-Regulated Learning: Theory, Research, and Practice. Routledge, 2021.

Setiawan, R. “Interactive Multimedia in Education: Enhancing Student Motivation and Learning.” International Journal of Educational Technology 10, no. 1 (2023): 45–56.

Slameto. Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, 2020.

Suharso, A., and I. Rahman. “Multimedia as a Communication Tool in Education.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan 8, no. 4 (2021): 99–108.

Sukardi. “Motivasi Belajar Siswa di Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 8, no. 2 (2022): 101–12.

Syahrani, Z.H. Pendidikan Fikih dalam Perspektif Kontemporer. Bumi Aksara, 2021.

Uno, H.B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara, 2022.

Winkel, W.S., and R. Hastuti. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta, 2021.

Yulianto, D., and S. Indrawati. “The Role of Multimedia Elements in Enhancing Learning Outcomes.” Jurnal Penelitian Pendidikan 14, no. 2 (2022): 78–89.

Yusuf, M., and A. Kurniawan. “Peran Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa.” Jurnal Psikologi Pendidikan 9, no. 1 (2023): 25–36.

Zainuddin, M. Inovasi Pembelajaran dengan Teknologi Digital. Bandung: Alfabeta, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Umi Sholihatin, Joko Subando

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787