Pengaruh Product Placement dalam Drama Korea Vincenzo terhadap Minat Beli Kopiko di Indonesia

Priskila Dewi

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan produk di drama Korea ‘VINCENZO’ terhadap minat beli Kopiko di Indonesia. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penempatan product di drama korea terhadap minta beli, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, serta pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hal ini dikarenakan sampel ditujukan kepada orang yang menyaksikan drama Korea ‘Vincenzo’. Jumlah sampel sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 100 sampel yang dikumpulkan selama 1 minggu melalui kuesioner berupa Google Form. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian yang didapat didominasi oleh jenis kelamin perempuan berjumlah 73 orang (73%), usia 17-26 tahun berjumlah 85 orang (85%), domisili Jabodetabek berjumlah 85 orang (85%). Hasil pengujian validitas dan reliabilitas dinyatakan lulus dan layak untuk digunakan ditahap pengolahan data. Serta hasil dari analisis yang menggunakan analisis korelasi dan regresi memberikan kesimpulan bahwa penempatan product pada drama Korea memiliki pengaruh terhadap minat beli.

Keywords


Penemparan Product, Minat Beli, Drama Korea

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Zhafira Atika, Arfina Ayu Lestari, dan Hanifah Novitasari. “Pengaruh Product Placement Dalam Drama Korea Dan E-WOM Terhadap Purchase Intention Pada Produk Scarlett Whitening.” JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 6, no. 2 (2023): 874–81. https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19902.

Fatma, Andina Dian Dwi, dan Hana Permata Christy. “Pengaruh Product placement Wafer Tango dalam Film Dilan 1991 terhadap Keputusan Pembelian Penonton.” Undergraduate Theses, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=232820.

Juliana, Selly, dan Sabrina O. Sihombing. “Pengaruh Penempatan Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Membeli.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa 12, no. 1 (1 April 2019): 19–34. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3702.

Kristanto, Harris, dan Ritzky Karina M.R. Brahmana. “Pengaruh Product Placement Pada Film Indonesia terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 10, no. 1 (1 April 2016): 20–26. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.20-26.

Natalia, El Chris, dan Christian Chrisna. “Pengaruh Product Placement Nike Air Jordan 1 dalam Film Spiderman: Into the Spider-Verse terhadap Minat Beli Penonton.” Undergraduate Theses, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2020. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=235880.

Purba, Andrew Bima Markus, dan Dian Ari Nugroho. “Pengaruh Product Placement Samsung Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Pada Penonton Film Batman V Superman: Dawn Of Justice Di Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 6, no. 2 (2018).

Safrin, dan Pratiwi Putri Delwis. “Product Placement dan Minat Beli: (Studi Korelasional Pengaruh Product Placement Laneige dalam Drama Korea Descendant of The Sun terhadap Minat Beli Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara).” KomunikA 15, no. 2 (2019). https://doi.org/10.32734/komunika.v15i2.5755.

Setyaningrum, Angela, dan Ari Ari. “Pengaruh Attitude Toward The Actor Terhadap Attitude Toward The Product Samsung Galaxy Z Flip Dengan Variabel Mediasi Attitude Toward Product placement Dalam Drama Korea Selatan.” Undergraduate Theses, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2021. https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=241529.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2015.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. 4 ed. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Yasmin, Arti Hanida, dan Marheni Eka Saputri. “Pengaruh Product Placement Pond’s Age Miracle Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention Pada Aplikasi Viu” 6, no. 2 (2019). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9598.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Priskila Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787