Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas X SMA Swasta Nur Ibrahimy dalam Pembelajaran Biologi
Abstract
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami bagaimana siswa menggunakan berbagai jenis media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran oleh siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi secara signifikan proses belajarnya. Terlebih lagi, pesatnya kemajuan teknologi kini mempengaruhi proses tersebut di lembaga pendidikan. Peneliti menggunakan metode pemilihan acak untuk memilih 30 siswa dari setiap item. Keputusan diambil untuk menggunakan wawancara dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data untuk instruktur dan siswa. Seperti terlihat pada indikator Manfaat Penggunaan Media memperoleh hasil nya baik Indikator Peningkatan Motivasi memperoleh hasil sebesar baik Indikator Sikap Peserta didik Penggunaan Media memperoleh hasil sebesar cukup baik Indikator Metode Media Pembelajaran memperoleh hasil cukup baik, Cara siswa menggunakan berbagai bentuk media berdampak signifikan terhadap proses belajar mereka. Media sangat penting dalam memperlancar proses pembelajaran dan meningkatkan efektivitas komunikasi pendidik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Muh Nur, Lilan Dama, Andre Ibrahim, Siti Ainun Mabuia, dan Anisa Handani Uno. “Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 4, no. 2 (2022): 111–20.
Amalia, Irma, Ratih Permana Sari, Molani Paulina Hasibuan, dan Muhammad Nazar. “Jurnal Pendidikan MIPA.” Jurnal Pendidikan mipa 23, no. 1 (2022): 25–33. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/.
Astini, Ni Komang Suni. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura 11, no. 2 (2020): 13–25.
Aurora, Aviva, dan Hansi Effendi. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang.” JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 05, no. 02 (2019): 11–16.
Faradila, Shafira Puspa, dan Siti Aimah. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus 1 (2018): 508–12.
Feri Alkhadad, Zulherman. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod.” Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran 5, no. 3 (2021): 418–26. https://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127.
Hamidah, Fitri Khofiyya, Andas Nidaa’an, dan Aurellia Faradita Putri. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Conference of Elementary Studies 1, no. 1 (2022): 115–25.
Hikmah, Sofia Nurul, dan Sugama Maskar. “Pemanfaatan aplikasi microsoft power point pada siswa SMP VII Dalam pembelajaran koordinatKartesius.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 1, no. 1 (2020): 15–19.
Ilmi Zajuli Ichsan, Aryani Kadarwati Dewi, Farah Muthi Hermawati, Enin Iriani. “Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi.” JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) 2, no. 2 (2018): 131–40. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682.
Indrawati Hastin, Daud Firdaus, Alimuddin. “Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert di SMA Negeri Kota Makassar.” jurnal biotek 10, no. 2 (2022): 201–11.
Maharuli Maulida Farhamna, Zulherman. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio 7, no. 2 (2021): 265–71. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966.
Maulani, Siska, Nisa Nuraisyah, Dini Zarina, Intan Velinda, Ani Nur Aeni, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, dan Universitas Pendidikan. “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Judul Bahasa Inggris” 2, no. 1 (2022): 19–26.
Muthy, Anisa Nurfalah, dan Heni Pujiastuti. “Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV.” Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) 6, no. 1 (2020): 94–103.
Pakpahan, Roida, dan Yuni Fitriani. “Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) 4, no. 2 (2020): 30–36.
Portanata Lia, Lisa Yasinta, Awang Sairo Imanuel. “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 3, no. 1 (2017): 337–48.
Rofingah Nafidhotur, Fadly Wirawan. “Pengembangan Gambar Ilustratif Naturalis Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 04, no. 02 (2024): 157–70.
Setiawan, Agus. “Merancang media pembelajaran pai disekolah ( Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PAI ).” Darul Ulum 10, no. 2 (2019): 223–40.
Simarmata, Krisanta, Rahmatika Elindra, dan Eva Yanti Siregar. “Analisis penggunaan media pembelajaran power point dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19.” JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 4, no. 2 (2021): 224–30.
Solviana, Meita Dwi. “Pemanfaatan teknologi pendidikan dimasa pandemi covid-19 : penggunaan fitur gamifikasi daring di universitas muhammadiyah pringsewu lampung.” Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 1 (2020): 1–14.
Wahyuningtyas Rizki, Sulasmono Suteng Bambang. “Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 2, no. 1 (2020): 23–27.
Widianto Edi, Alfina Anisnai’l Husna, Annisa Nur Sasami, Erza Fitri Rizkia, Fitriana Kusuma Dewi, Shindy Aura Intan Cahyani. “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Journal of Education and Teaching 2, no. 2 (2021): 213–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilda Hafni Batubara, Rosmidah Hasibuan, Rahmi Nazliah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License