Pembinaan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Se Kalimantan Selatan

Rusdiana Husaini, Raihanah Raihanah

Abstract


Guru merupakan pendidik yang professional yang memilikir kewajiban dasar mengajar, mendidik, mengelola, mengkoordinasikan, mempersiapkan, mensurvei, dan mengukur kemampuan peserta didik melalui sekolah yang tepat, sekolah esensial dan instruksi opsional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah se Kalimantan Selatan dalam diskursus Penelitian Berbasis Masyarakat dan Apa saja kendala pembinaan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah Se Kalimantan Selatan dalam diskursus Penelitian Berbasis Masyarakat. Riset ini adalah penelitian berbasis lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif-kualitatif. Teknik yang digunakan adalah wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pembinaan profesionalisme guru menjadi tugass kepala madrasah sebagai bagian dari tugas supervisi guru dan tendik. Kepala madrasah belum melaksanakan tugas pembinaan dengan memadai karena lebih fokus ke tugas manajerial, dan juga sebagian guru tidak kooperatif dan bearanggapan bahwa supervisi kepala madrasah itu untuk mencari kesalahan guru. Pengawas madrasah tidak banyak terlibat secara langsung dalam membina guru karena banyaknya madrasah binaan dan kondisi geografis desa paminggir. Pembinaan yang pernah dilakukan oleh kepala Madrasah terkait dengan sosialisasi kurikulum 2013 saja. Kepala Madrasah jarang melakukan supervisi atau kunjungan kelas, tetapi hanya memberikan bimbingan secara umum.


Keywords


Pembinaan, Profesionalisme, Guru Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. Peningkatan Profesionalisme Guru. Bumi Aksara, 2000.

Denim, Sudarwan. Inovasi Pendidikan (Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Pustaka Setia, 2002.

Dewi, Y.F., dan H.M. Hadrina. Bahan Bacaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, 2020.

Ghony, M.Djunaidi, dan F. Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media, 2012.

Hertina. “Zakat Profesi dalam Perspektif Hukum Islam untuk Pemberdayaan Ummat.” Hukum Islam 13, no. 1 (2013).

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyasa, E. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Remaja Rosdakarya, 2013.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, 2003.

Samani, Muchlas. Pembinaan Profesi Guru. Depdiknas, 2003.

Santosa, Sedya. “Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sistem dan Kreatifitas.” Al-Bidayah 2, no. 2 (2010). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i2.108.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali, 1993.

Saud, Udin Syaefudin. Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta, 2009.

Soetjipto. Profesi Keguruan. Rineka Cipta, 2004.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo, 2000.

Supriyadi, D. Guru di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya, Sejak Zaman Kolonial Hingga Era Reformasi. Dirjen Dikdasmen dan Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rusdiana Husaini, Raihanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303