Implementasi Akhlak Tasamuh dalam Membangun Ukhuwah: Studi Kualitatif pada SD Katolik Santo Yusuf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan implementasi nilai-nilai akhlak tasamuh dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf. Penerapan akhlak tasamuh sudah diterapkan sejak lama dari guru maupun siswa yang memiliki latar belakanag yang berbeda terutama dalam agama dan proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Penerapan nilai-nilai tolong menolong di sekolah yakni pada proses pembelajaran yang mana guru memberikan contoh kecil untuk ditiru, kegiatan sosial bagi-bagi takjil yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi, dan perayaan maulid Nabi Muhammad saw. 2) Penerapan nilai-nilai saling menghormati juga pada proses pembelajaran yakni memberikan tauladan dan kisah-kisah inspiratif pada siswa. Antar agama, memiliki kegiatan yakni Pondok Ramadhan sekaligus dengan kajian keagamaan. Antar guru dan siswa, juga dilakukan dengan anjangsana dan saling maaf di bulan Syawal. 3) Penerapan nilai-nilai saling menghargai juga diterapkan pada materi yang terdapat dalam buku tematik, dan juga sekolah memberikan kesempatan sekaligus keutamaan untuk beribadah sesuai agama masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Murniati. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019.
Anggito, Albi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Anjeli Aliya Purnama Sari. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam.” Januari 2020, 2012.
Diana, Iin. “Konsep Ukhuwah Basyariah Dalam Tradisi Ngejot (Tradisi Masyarakat Islam Dan Hindu Di Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, Bali).,” 2019. http://digilib.uinkhas.ac.id/19148/.
Dwiyani, Aryanti. “Pendidikan Islam Multikultural Di Sekolah.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.58518/darajat.v6i1.1586.
Fatih Syuhur, A. Ahlussunah Wal Jamaah Islam Wasathiyah Tasamuh Cinta Damai. Malang: Pustaka Al Khoirot, 2020.
Fuadi, Afnan. Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Yogyakarta: Budi Utama, 2020.
Hermawan, Iwan. Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Huberman, Miles. Qualitative Data Analysis. American: SAGE Publication, 2014.
Islail, Faisal. Islam Konstitusionalisme Dan Pluralisme. Yogyakarta: IRCiSod, 2019.
Kholif Rosyidi, Achmad. “Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Nilai-Nilai Pendidikan Multikulturalisme Agama Di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember.” UIN Kiai Haji Achmad SIddiq Jember, 2019.
Mulyadi. Islam Dan Tamadun Melayu. Riau: DOTPLUS Publisher, 2021.
Munir Amin, Samsul. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah, 2016.
Najamudin. Toleransi Dalam Perspektif Agama, Sosial, Dan Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2024.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2022.
Syamsiyah, ST. Fanatus, and Nury Kurnia Anya. “Implementasi Layanan Pendidikan Agama Bagi Peserta Didik Penghayat Kepercayaan Sapta Dharma.” Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 3, no. 1 (2024).
Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.
Zainuri, A, F Maulidia, and M. K. Amrullah. “Mengelola Nilai-Nilai Toleransi Dalam Kemajemukan Agama Di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 17, no. 2 (2022). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rioga Fransistyawan, Dyah Nawangsari, Saihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.