Pengembangan Website Creative Art Portofolio Untuk Manajemen Karya Siswa Sekolah Dasar

Fauzia Hasanah, J. Julia, Rana Gustian Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website Creative Art Portfolio (CAP) sebagai media manajemen karya seni siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Website ini dirancang menggunakan Google Sites dengan menu seperti beranda, karya siswa yang mengelompokkan karya berdasarkan kelas dan kategori seni, serta fitur unggah karya otomatis untuk seni rupa. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli konten, menunjukkan bahwa website CAP sangat valid dengan rata-rata skor 93,02% untuk media dan 100% untuk konten. Uji coba implementasi dengan guru dari 5 sekolah dasar yang berjumlah 26 orang menghasilkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 80,09, yang masuk grade A dengan kategori "sangat baik" (excellent). Hasil penelitian menunjukkan bahwa website CAP sangat valid dan layak digunakan sebagai alat dokumentasi dan manajemen karya seni siswa, serta memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan pembelajaran seni budaya di sekolah dasar.


Keywords


E-Portofolio, Karya Seni, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Albertus Hari, and Setya Chendra Wibawa. “Pengembangan Electronic Portfolio Berbasis Web Sebagai Galeri Karya Mahasiswa.” Jurnal IT-EDU 4, no. 1 (2019).

Borg, Walter R. Meredith D. Gall, and Meredith D. Gall. Educational Research: An Introduction. New York: Longman, 1983.

Chere-Masopha, Julia, and Lipuo Mothetsi-Mothiba. “Teachers’ Experiences of Using a Portfolio for Teaching, Learning, and Assessment in Lesotho Primary Schools.” Cogent Education 9, no. 1 (December 31, 2022). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2023969.

Fauziah, Zuliani, Bela Dwi Nur Cahyani, Lailatun Nikhlah, and Muhammad Nofan Zulfahmi. “Melatih Kreativitas Anak Sekolah Dasar dengan Menciptakan Karya Seni Lukis Berbahan Alam.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2025).

Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (December 25, 2021). https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Iraqi, Hana Shilfia, Mai Sri Lena, Juliana Sulastri, and Fransisca Regy Reviana. “Pembelajaran Seni Rupa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” YASIN 3, no. 4 (June 19, 2023). https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1283.

Kuntarto, Eko, and Rahani Gustina. “Pelaksanaan Penilaian Portofolio Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 2 (December 27, 2019). https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437.

Prihwanto, Puji. “Seni Rupa sebagai Alternatif Pendekatan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 7, no. 1 (January 31, 2021). https://doi.org/10.30738/sosio.v7i1.9108.

Qomariyah, Ryzca Siti, Nur Afrika Lita Dewi, Isma Aini Nafis, and Lely Nur Fitria. “Efektifitas Penilaian Portofolio Pada Mata Pelajaran SBDP Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 1, no. 3 (December 22, 2022). https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.356.

Saarinen, Auli, Pirita Seitamaa-Hakkarainen, and Kai Hakkarainen. “Long-Term Use of ePortfolios in Craft Education among Elementary School Students: Reflecting the Level and Type of Craft Learning Activities.” Design and Technology Education: An International Journal 26, no. 1 (2021). https://www.semanticscholar.org/paper/Long-Term-Use-of-ePortfolios-in-Craft-Education-the-Saarinen/939e1741a316ea71614e24a413dec863b11b9a86.

Sahara, Nur Riyan, Gita Indah Marthasari, and Briansyah Setio Wiyono. “Evaluasi Usability Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Serta Menentukan Korelasi Dengan Tingkat Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : LMS Universitas Muhammadiyah Malang).” Jurnal Repositor 4, no. 3 (May 10, 2022). https://doi.org/10.22219/repositor.v4i3.1421.

Salmiyanti and Desyandri. “Proses Pembelajaran Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Kelas III Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2023).

Sindi, Sindi, Luthfi Hamdani Maula, and Irna Khaleda Nurmeta. “Penggunaan Cangkang Telur Berbasis Wayang Sukuraga Untuk Meningkatkan Keterampilan Seni Rupa Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (October 1, 2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5290.

Waruwu, Marinu. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 2 (May 17, 2024). https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141.

Yunisrul. Buku Pembelajaran Seni Rupa Di SD. Sleman: Deepublish, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fauzia Hasanah, J. Julia, Rana Gustian Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303