Analisis Penerapan Pendekatan Tematik Berbasis Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Science Berbahasa Inggris di Sekolah Bilingual

Hilda Wahyuni, Ulfatur Rizko, Yuliana Izdihar Firdaus, Imam Bukhori, Samsul Susilawati, Agus Mukti Wibowo

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan keterampilan abad ke-21. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk mendukung hal tersebut adalah pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21, khususnya di sekolah bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21 dalam pembelajaran Science berbahasa Inggris di SDIT Plus Aulia Kids School, Medan, serta mengidentifikasi kendala dan upaya yang dilakukan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tematik diterapkan dengan mengaitkan materi Science pada tema-tema yang relevan dengan kehidupan siswa, didukung oleh buku Cambridge dan berbagai media pembelajaran interaktif. Pembelajaran dirancang berbasis student-centered dan project based learning, yang melatih keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi siswa (4C skills). Penggunaan bahasa Inggris dilakukan secara mix language untuk memudahkan pemahaman siswa. Secara umum, penerapan pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan abad 21 siswa, meskipun masih terdapat kendala dalam hal keterbatasan kosakata siswa, perbedaan kemampuan berbahasa Inggris, keterbatasan waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut dapat melakukan beberapa strategi yaitu, meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa, berlatih komunikasi dengan bahasa inggris, pengelompokan siswa secara heterogen, dan pemanfaatan Teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan model pembelajaran di sekolah bilingual lainnya.


Keywords


Pendekatan Tematik, Keterampilan Abad 21, Science Berbahasa Inggris, Sekolah Billingual

Full Text:

PDF

References


Adodo S, and Agbayewa J. “Effect of Homogenous and Heterogeneous Ability Grouping Class Teaching on Student’s Interest, Attitude and Achievement in Integrated Science.” International Journal of Psychology and Counselling 3, no. 3 (2011). http://www.academicjournals.org/IJPC.

Bakhtiar, Ahmad, Sigit Widiyarto, Lidya Natalia Sartono, Isroyati Isroyati, Lusiana Wulansari, and Luluk Setyowati. “Penggunaan Media You Tube Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar.” Warta Dharmawangsa 18, no. 2 (2024). https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4469.

Faiqoh, F. K., Laksana, S. D., & Lestari, S. “Problematika Pembelajaran Sains Berbasis Online Pada Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL): Perspektif Guru Di SD Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5 (2024).

Hajri, Muhammad Fatkhul. “Pendidikan Islam Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pada Abad 21.” Al-Mikraj 4, no. 1 (2023). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikrajDOI:https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Margitamia, R. I. “Evaluasi Program Kelas Bilingual Di Primary Global Islamic School 2 Serpong” (Master’s Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), 2022.

Masriani, Masriani, and Farida Mayar. “Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1357.

Maulida, Kamila Syifa. “Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa Sekolah Dasar,” no. 2 (2024).

Muzakki, Muhammad Alie, Apriliana Riyana Putri, and Muhammad Najih Al Azizi. “Analisis Kebutuhan Penggunaan Popup Book Bilingual Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Bahasa Inggris SD.” Jurnal Pendidikan Dasar : Tunas Nusantara 6, no. 2 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v6i2.

Ndraha, Maeyzar Prasetia, Tasya Triana Naibaho, Medo Andre Purba, Grace Debora Siburian, Angelina Klara Ronita Manurung, Rona Arta Silitonga, Herman Herman, Sabar Dumayanti Sihombing, and Vita Riahni Saragih. “The Importance Of Learning English ‘Vocabulary’ For Elementary School Age Children.” Journal of Community Empowerment and Innovation 2, no. 3 (August 18, 2023). https://doi.org/10.47668/join.v2i3.992.

Rahmaniah, Nurhafida, and Rezki Amaliyah AR. “Public Speaking for Student Sebagai Upaya Peningakatan Kemampuan Komunikasi Siswa Sma Negeri 1 Tinambung.” Jurnal Abdimas Indonesia 2, no. 4 (2022). https://doi.org/10.53769/jai.v2i4.342.

Redhana, I Wayan. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13, no. 1 (2019).

Rindiani, Ana Nurhasanah, and Trian Pamungkas Alamsyah. “Analisis Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Pendidikan Dasar 13, no. 2 (2023). https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34691.

Risdiyanto, R. “Pengelompokan Berdasarkan Kemampuan (Ability Grouping) Dan Dampaknya Bagi Peserta Didik.” Inovasi Kurikulum 18, no. 1 (2021). https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.36405.

Safira, D., & Shanie, A. “Implementasi Pembelajaran Bilingual Pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Mustafa Semarang.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1) 2022.

Sartika, Defa Bekti. “Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Public Speaking Training Dengan Teknik Perbendaharaan Kata.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2023.

Siregar, M Deni, Ida Bagus Putrayasa, and I Nyoman Sudiana. “Pendekatan Pendekatan Tematik Dan Pendekatan Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.6999.

Sulhan, Ahmad, and Ahmad Khalakul Khairi. Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar SD/MI. Mataram: CV. Sanabil FITK UIN Mataram, 2019.

Susanti, Indah Tri, Nanda Berlian, Dwi Maulita, and Shafa Aura Anindya. “Metode Tematik Dalam Pembelajaran Bahasa Perspektif Siswa Dan Guru.” Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya 3, no. 2 (2025).

Una, Luxcya Martir Wona, Veronika Yuliana Beku, and Maria Desidaria Noge. “Analisis Penerapan Pembelajaran Bilingual Siswa Kelas IV Di SDI Rutosoro.” Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa 2, no. 2 (2024). https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i2.129.

Wahyuni, Hilda, and Marno. “Transformasi Pendidikan: Peran Teknologi Digital Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digitalisasi.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14888.

Wati, I. S., & Arwin, A. “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hilda Wahyuni, Ulfatur Rizko, Yuliana Izdihar Firdaus, Imam Bukhori, Samsul Susilawati, Agus Mukti Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303