Membangun Kesadaran Lingkungan Sejak Dini: Strategi P5 dalam Pembelajaran Pengelolaan Sampah bagi Siswa SD

Sauqi Rahman, Fitriah Fitriah, Nurul Fauziah

Abstract


Pentingnya untuk membangun kesadaran lingkungan kepada anak-anak sejak dini agar mereka menjadi peduli dengan lingkungan mereka di masa depan. Dalam konteks pendidikan, Kurikulum Merdeka menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dalam pendidikan yang berfokus pada penguatan karakter siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan P5 dalam menanamkan kesadaran lingkungan pada siswa kelas 4 di SD Negeri Swato 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara dan observasi guru dan siswa tentang kegiatan P5. Penanaman terhadap kesadaran lingkungan di SD Negeri Swato 2 dilakukan melalui pemahaman tentang lingkungan dalam kegiatan P5 dengan Tema yang digunakan adalah gaya hidup berkelanjutan dengan topik “kurangi plastik hidup jadi asyik”, pada fase B kelas 4. Hal ini dilakukan melalui proses perencanaan, perencanaan dimulai dari menentukan alokasi waktu dan dilaksanakan penuh oleh peserta didik. Pelaksanaan pemahaman lingkungan ini dilakukan melalui kegiatan pengenalan, kontekstual, dan aksi, yang mana pemahaman tentang lingkungan mengarah pada pengenalan, dan kegiatan secara langsung memilah sampah organik dan nonorganik yang ada di lingkungan sekitar, selanjutnya kegiatan aksi dilakukan dengan membuat poster tentang pengelompokkan sampah.


Keywords


Kesadaran Lingkungan, Strategi P5, Pembelajaran Pengelolaan Sampah

Full Text:

PDF

References


Agustian, Fani, Husni Wakhyudin, and Kiswoyo. “Analisis Guru Kelas Pada Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sd N 1 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09, no. 04 (2023).

Anis, Fahimatul, Naomi Dias Laksita Dewi, and Zetti Finali. “Edukasi Pemilahan Sampah Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Labschool UNEJ.” Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2024).

Arzfi, Bima Prakarsa, Maria Montessori, and Rusdinal Rusdinal. “Implementasi Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 5, no. 2 (2024).

Hakam, Muhammad, Kindriari Nurma Wahyusi, Euis Nurul Hidayah, Syadzadhiya Q Z N, and Rizka Novembrianto. “Edukasi Pemilahan Sampah Bagi Anak Sekolah Dasar Di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu.” Abdi-Mesin Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.28.

Kaunang, Netanel F. “Pelestarian Lingkungan Hidup: Suatu Kajian Berdasarkan Pendidikan Kependudukan Danlingkungan Hidup (Pklh) Di Beberapa Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar 23, no. 1 (2014).

Kemendikbud. “Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 2024.

Kemendikbudristek. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.” Jdih.Kemendikbud.Go.Id, 2022.

Kholidah, Lilik Nur, Imam Winaryo, and Yayan Inriyani. “Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D Di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6 (2022).

Mamonto, Mardia. “Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 3 (2023).

Monalisa, Eva, Vebry Kusuma, Gunawan Santoso, Baiq Dina, Erika Wardiningtias, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kesadaran Lingkungan, Pendidikan Karakter, and Ketakwaan Kepada Tuhan. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kesadaran Lingkungan Sekolah Dan Keluarga Untuk Meningkatkan Ketakwaan Kepada Tuhan YME Dan Berakhlak Mulia Di Kelas 1.” Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) 02, no. 04 (2023).

Nabiilah, Lindiana Nada Salsabiil, Rose Fitria Lutfiana, and Rohmad Widodo. “Penguatan Karakter Generasi Emas Indonesia Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah.” JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan) 10, no. 1 (2025).

Nevrita, Nevrita, and Sujoko. “Analysis of Maritime Content in the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P-5) as an Educational Media in Getting to Know the Culture of Coastal Communities at SMP Negeri 19 Bintan (Activist School Batch 2).” BIO Web of Conferences 79 (2023). https://doi.org/10.1051/bioconf/20237905003.

Ni Wayan, Eminda Sari, I Komang Sulatra, I Kadek Surya Ari Putra, and Kadek Wisnu Mahardika. “Meningkatkan Kesadaran Siswa/I Dalam Pengolahan Sampah Organik Dan Non-Organik Menjadi Kerajinan Tangan Yang Lebih Bermanfaat.” Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA) 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7777.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

Satria, M. Rizky, Pia Adiprima, Maria Jeanindya, Yogi Anggraena, Anitawati, Sekarwulan Kandi, and Yani Harjatanaya Tracey. “Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” 2024. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf.

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Wulan Kandi Sekar, and Tracey Yani Harjatanaya. “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jakarta, 2022.

Shinta, Arundati. Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup Di Sekolah-Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup. BEST Media, 2019.

Trikusuma, Ayu Swandewi. “Memperkuat Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Pengolahan Sampah Plastik Di SMP Negeri 1 Tembuku.” Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin 2, no. 4 (2022). https://doi.org/10.37329/metta.v2i4.2985.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sauqi Rahman, Fitriah, Nurul Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303