Diseminasi Media Etno-Ar Terintegrasi Budaya Aceh bagi Guru Matematika SMPN 1 Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang
Abstract
Indonesia telah masuk ke dalam era revolusi industri 4.0 yang menandai transformasi signifikan di berbagai sektor, terutama dalam teknologi informasi. Akan tetapi guru matematika di sekolah SMP Negeri 1 Karang Baru masih memiliki kemampuan yang belum memadai dalam membuat bahan ajar atau media belajar. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan edukasi atau pemahaman serta pendampingan kepada guru mengenai teknologi pembelajaran, memberikan pelatihan kepada guru mengenai Aplikasi Aughmented Reality Berbasis Budaya (ETNO-AR) dan meningkatkan keterampilan guru matematika dalam menggunakan teknologi pembelajaran. Solusi yang ditawarkan adalah: 1) Edukasi dalam peningkatan motivasi dan pemahaman tentang teknologi pembelajaran, dan 2) Pelatihan pemanfaatan media ETNO-AR. Peserta Kegiatan PkM ini adalah semua guru Matematika SMP Negeri 1 Karang Baru Aceh Tamiang. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa 83% guru mendapatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan menggunakan media ETNO-AR, 87% peserta akan menerapkan media ETNO-AR dalam pembelajaran di kelas, 90% peserta merasa sangat puas atas kegiatan Pengabdian, 95% mitra setuju bahwa PKM ini dapat meningkatkan motivasi, keterampilan dan kesadaran guru akan pentingnya teknologi pembelajaran yang efektif dan efesien, 88% guru setuju bahwa media ETNO-AR dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa terutama dalam kemampuan spasial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albar, Rafi, Siska Susilawati, and Dwi Putri Fatmawati. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmanted Reality Pada Materi Phytagoras Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika Tahun 2022 3, no. 1 (2022).
Bacca, Jorge, Silvia Baldiris, Ramon Fabregat, Sabine Graf, and Kinshuk. “Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research and Applications.” Educational Technology and Society 17, no. 4 (2014).
Billinghurst, Mark, Adrian Clark, and Gun Lee. “A Survey of Augmented Reality.” Foundations and Trends in Human-Computer Interaction 8, no. 2–3 (2014). https://doi.org/10.1561/1100000049.
Cerro Velázquez, Francisco Del, and Ginés Morales Méndez. “Application in Augmented Reality for Learning Mathematical Functions: A Study for the Development of Spatial Intelligence in Secondary Education Students.” Mathematics 9, no. 4 (2021). https://doi.org/10.3390/math9040369.
Chen, P, X Liu, W Cheng, and R Huang. A Review of Using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016 Innovations in Smart Learning. Springer., 2017.
Denzin, Norman K., and vonnas S. Lincoln. Handbook of Qualitative Research. Yogjakarta: : Pustaka Pelajar, 2009.
Fairus, Pardomuan Sitompul, Elvis Napitupulu, Riezky Purnama Sari, and Liza Fitria. “Design and Validity of Augmented Reality-Based Student Worksheets Integrated with Acehnese Culture” 6, no. 1 (2023).
Hamalik, O. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Harsono, H, A Setiawan, and ... “Implementation of Augmented Reality as a Supporting Learning Media at Community Learning Centers in Malaysia.” Prosiding Webinar …, 2022.
Hasriadi, Sudirman, and Arifuddin. “Kontribusi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Konsepsi 10, no. 3 (2021).
Herman, Herman, Alianus Zalukhu, Doni Berkat Tabah Hulu, Nesti Surya Astuti Zebua, Efron Manik, and Adi S Situmorang. “Augmented Reality (AR) Pada Geogebra Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Dimensi Tiga.” Journal on Education 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1368.
Indrawati, Prita, Kiftian Hady Prasetya, Irma Ristivani, and Nur Maulida Restiawanawati. “Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3, no. 3 (2022). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978.
Larasati, Nur Indah, and Nurbaiti Widyasari. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50.
Mustaqim, Ilmawan. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 13, no. 2 (2016). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.
Ngongo, Verdinandus Lelu, Taufiq Hidayat, and Wijayanto. “Pendidikan Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang 2 (2019).
Nissa, Hairun, and Indonesia Jamalulail. “Difusi Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Pemanfaatan Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek.” Jurnal Teknodik 27 (2023). https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.994.
Putri, Rahmida, Abd Mukti, and Rusydi Ananda. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Pada Materi Salat Jamak Dan Qasar Dalam PAI Di SMPN I Panyabungan Barat.” Research and Development Journal Of Education 9, no. 2 (2023).
Rahmat, Rahmat, and Noviyanti Noviyanti. “Augmented Reality Untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK Dan Aplikasi Blender.” Jurnal Tika 5, no. 3 (2021). https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.59.
Ridlwaniyyah, Nafahatin. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran.” In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2024. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8525.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i2.4171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.