Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Strategi Meningkatkan Minat Baca
Abstract
Mendongeng merupakan tradisi masyarakat yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa mendongeng berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan minat baca anak usia sekolah dasar. Pendekatan kegiatan menggunakan jenis penelitian tindakan atau action reseach dengan setting sosial. Penggunaan action reseach dalam kegiatan menghasilkan produk berupa masukan perbaikan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ouput kegiatan. Hasil action reseach menyatakan bahwa materi dongeng jenis fabel cocok disampaikan pada anak yang masih dalam fase kognitif tingkat pre-konvensional. Penokohan binatang dalam dongeng yang diasumsikan dapat berbicara dan berperilaku seperti manusia memudahkan hubungan antara logika dan realita. Perlakuan permainan tradisional dalam mendonngeng mengantarkan suasana semakin menarik dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asiah, Nur, and Ahmad Isnaeni. “Inklinasi Masyarakat Muslim Kelas Menengah Terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018).
Azizah, Nikmatul. “Membangun Kemampuan Literasi Anak Melalui Dongeng Dan Permainan Tradisional.” Jurnal Kualita Pendidikan 2, no. 3 (2021). https://doi.org/10.51651/jkp.v2i3.147.
Bungsu, Annisa Putri, and Febrina Dafit. “Pelaksanaan Literasi Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4, no. 3 (2021). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.
Dewi, N. W. R. “Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng.” WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan I(1) (2020).
Faizah, Faizah, Yenny Aulia Rachman, and Farinka Nurrahmah Azizah. “Literasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Aktivitas Untuk Menurunkan Screen Time Pada Anak Usia Dini.” Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) 6 (2022).
Firmansyah, Arif, Universitas Islam Nusantara, Novi Anoegrajekti, and Univesitas Negeri Jakarta. Carita Pantun : Sariak Layung Arif Firmansyah Novi Anoegrajekti Aceng Rahmat, 2023.
Halim, Dellya, and Ashiong Parhehean Munthe. “Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9, no. 3 (2019). https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.
Harahap, Rani Astria Silvera. “Membangun Kecerdasan Anak Melalui Dongeng Rani Astria Silvera Harahap.” Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2019).
Lubis, Silvia Sandi Wisuda. “Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian.” Analytical Biochemistry 11, no. 1 (2020).
Mardina, Riana. “Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives.” Seminar Nasional Perpustakaan & Pustakawan Inovatif Kreatif Di Era Digital, no. May 2017 (2017).
Nugraha, Rahmat Arifpin. “Tradisi Tutur Lisan Dongeng Di Era Digital Oleh Orangtua Terhadap Anak Di Kampung Kaum Kabupaten Cianjur.” VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan 23, no. 3 (2022). https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i3.1082.
Nur Insani, Galuh, Dinie Anggraeni Dewi, and Rizky Saeful Hayat. “Gerakan Literasi Sebagai Strategi Efektif Dalam Menanggulangi Krisis Literasi Di Sekolah Dasar.” (JOUMI):Jurnal Multidisiplin Indonesia 1, no. 3 (2023).
Nurtaniawati. “Peran Guru Dan Media Pembelajaran Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi 3, no. 1 (2019).
Prasrihamni, Mega, Zulela, and Edwita. “Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 1 (2022).
Primawidia, Esa. “Penerapan Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di TK Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung,” 2017.
Putri, Chyntia Dewi. “Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Kb Pelita Bangsa Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat 2021 / 2022” Universitas Negeri, 2022.
Qudsyi, Hazhira. “Menanamkan Moral Pada Anak Melalui Metode Bercerita.” Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 18, no. 1 (2013). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol18.iss1.art4.
Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.
Rosalina, Anita, Yuki Widiasari, and Melati Ismi Hapsari. “Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini.” Psycho Idea, 2010.
Saida, N. “Analisis Program Kampung Dongeng Terhadap Literasi Dasar Anak Di Desa Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar,” 2019.
Suparman, S. “Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng Di Kelompok Bermain Al Furqan Karrang.” Jurnal Edukasi Nonformal 2, no. 1 (2021).
Syahrul, Ninawati. “Pembinaan Dan Revitalisasi Budaya Literasi Melalui Pembelajaran Sastra Sejak Dini.” Proceeding of The 1st ICoLLiT 1 (2017).
Tantri, Ade Asih Susiari, and I Putu Mas Dewantara. “Keefektifan Budaya Literasi Di SDN 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca.” Journal of Education Research and Evaluation 1, no. 4 (2017).
Wellek, Rene, Austin Warren, and Melani Budianta. Teori Kesusasteraan / Rene Wellek & Austin Warren ; Di Indonesiakan Oleh Melani Budianta. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1989.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v4i2.4157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Diterbitkan oleh
Badan Penelitian dan Pengabdian Masayarakat
STIQ AMUNTAI
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 085251613000
Email: alkhidma@stiq-amuntai.ac.id
Work published below Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.