Peran Mediasi Citra Kuliner pada Pengaruh E-WOM terhadap Niat Beli Wisatawan pada Produk Kuliner UMKM di Ubud, Gianyar, Bali
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Ubud terkait dengan ketergantungan pada E-WOM dalam mempromosikan produk mereka tanpa strategi yang memadai, sehingga penting untuk memahami bagaimana citra kuliner dapat mengoptimalkan potensi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap niat beli wisatawan pada produk kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ubud, Gianyar, Bali, dengan citra kuliner sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 wisatawan yang mengunjungi Ubud. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa E-WOM memiliki pengaruh signifikan terhadap citra kuliner dengan koefisien korelasi sebesar 0.822, t statistik sebesar 18.161, dan p-value sebesar 0.000. Selain itu, E-WOM juga memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli wisatawan dengan koefisien korelasi sebesar 0.223, t statistik sebesar 9.776, dan p-value sebesar 0.011. Citra kuliner ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli wisatawan dengan koefisien korelasi sebesar 0.725, t statistik sebesar 2.033, dan p-value sebesar 0.000. Citra kuliner berperan sebagai pemediasi parsial dalam hubungan antara E-WOM dan niat beli, dengan nilai VAF sebesar 72,7% dengan nilai korelasi sebesar 0.596, t statistik-9.034 dan p value 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya citra kuliner dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli wisatawan. Pengelola UMKM di Ubud disarankan untuk lebih fokus membangun citra kuliner serta memanfaatkan platform digital secara optimal. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah perlunya strategi pemasaran digital yang efektif, serta kolaborasi dengan stakeholders kuliner untuk membangun citra positif produk kuliner lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkalah, Cynthia. “Peran Citra Destinasi dalam Memediasi Pengaruh E-WOM terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali)” 19, no. 5 (2016): 1–23.
Andiani, Nyoman Dini, Ni Kadek Arismayanti, Earlike Fitria Anwar Sani, dan Luh Yusni Wiarti. “Jurnal Kajian Bali.” Journal of Bali Studies 11, no. 2 (2022): 370–86.
Detik. “Jos! Ubud Jadi Percontohan Wisata Kuliner Dunia dari PBB,” 2023. https://travel.detik.com/travel-news/d-7090177/jos-ubud-jadi-percontohan-wisata-kuliner-dunia-dari-pbb.
Hidayah, N., dan A. L. Anjarwati. “The Influence of Perceived Quality on Repurchase Intentions with Satisfaction as an Intervening Variable: Study of Teh Botol Sosro Customers in East Surabaya.” Journal of Management Science 6, no. 1 (2022).
Kotler, P., dan K. L. Keller. Principles of Marketing. 17th ed. Pearson, 2020.
Maulana, Huda, Muhammad Sholahuddin, Muhammad Anas, dan Zulfikar Zulfikar, ed. Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS-22-2). Vol. 247. Advances in Economics, Business and Management Research. Dordrecht: Atlantis Press International BV, 2024. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-204-0.
Pitanatri, Putu Diah Sasti, dan I Nyoman Darma Putra. Wisata Kuliner: Atribut Baru Destinasi Ubud. 01 ed. Denpasar: Jagat Press, 2016.
Poluan, Jane G, dan others. “Pengaruh e-WOM dan Citra Merek Terhadap Niat Membeli Kembali Produk Kuliner di Kota Tomohon.” Jurnal Manajemen dan Pemasaran 7, no. 1 (2023): 45–56.
Prayag, Girish, dan Chris Ryan. “Antecedents of Tourists ’ Loyalty to Mauritius : The Role and Influence of Destination Image , Place Attachment , Personal Involvement , and Satisfaction,” no. April (2022). https://doi.org/10.1177/0047287511410321.
Saputra, I Gede Gian. “Bentuk Digitalisasi Desa Wisata Di Masa Normal Baru.” Jurnal Kepariwisataan 20, no. 1 (2021): 18–24. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i1.448.
Winarno, Kania Oktaviana, dan Indrawati Indrawati. “Impact of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth (E-WOM) on Purchase Intention.” Jurnal Aplikasi Manajemen 20, no. 3 (31 Agustus 2022). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.03.15.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 I Nyoman Cahyendra Putra, I Putu Utama, I Wayan Sukma Winarya Prabawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License