Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Ngombakan 01 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo

Novi Nur Eka Putri, Joko Subando

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan Subyek SD Negeri Ngombakan 01 kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan Tes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu, khususnya nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model CTL dan kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes yang dilaksanakan sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menentukan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung (5.75) > ttabel (2.02). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model CTL dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul, Q. Problematika Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas XI SMK Hidayatul Mubtadiin Patebon Kendal. Disertasi doktoral. Universitas Wahid Hasyim Semarang, 2018.

Al-Attas, S.M.N. The Concept of Knowledge in Islam. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization, 1991.

Anderson, L.W., dan D.R. Krathwohl. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. Addison Wesley Longman, Inc, 2001.

Azra, A. Indonesia, Islam, and Democracy: Dynamics in a Global Context. Equinox Publishing, 2006.

Dwijayanti, I., dan A.A. Nugroho. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Meta Analisis.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2023): 147–57.

Haryanto, M.P. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). UNY Press, 2020.

Islamiati, A. “Memperkuat Karakter melalui Landasan Filosofi Menggali Potensi Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 1375–93.

Kapoh, R.J., dan M.A. Komarudin. “Ragam Metode Pembelajaran: Pedoman bagi Pengajar dan Calon Pengajar dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Terkini, Efektif, dan Menyenangkan.” Lakeisha, 2023.

Khoiriyah, T.E., H. Hakiman, dan A. Aminudin. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual di Sekolah Dasar Alam.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2021): 62–71.

Lestari, A., D.A. Prameswari, V. Nikadinata, R.R.Z. Munawaroh, N.N.S. Wardani, dan T. Muhtarom. “Analisis Program Keunggulan SDIT Alam Nurul Islam melalui Pembelajaran Kontekstual dalam Penumbuhan Karakter Tanggung Jawab Siswa.” Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 4, no. 2 (2025): 2427–35.

Mahbubi, M., dan H. Sa’diyah. “Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran PAI.” Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2025): 168–76.

Mukhtar, A., dan M.D. Luqman. “Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makassar.” Idaarah 4, no. 1 (2020): 1–15.

Nasution, M. “Pengaruh Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMPN 235 Jakarta,” 2022.

Nurusiah, N., I. Idawati, dan J. Arifin. “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Pop Up Book terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Kota Makassar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 2 (2024): 806–19.

Pratesta, H., D. Purnama Sari, dan H. Harmi. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Pasemah Air Keruh. Disertasi doktoral. Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023.

Santoso, A., T. Sukardi, S.H. Prayitno, S. Widodo, dan R.W. Daryono. “Design Development of Building Materials Lab for Teacher Education Institutes on Vocational and Academic Program.” Pegem Journal of Education and Instruction 12, no. 4 (2022): 310–20.

Suardipa, I.P. “Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 4, no. 1 (2020): 79–92.

Supriyadi, A. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2022.

Wibowo, H. Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novi Nur Eka Putri, Joko Subando

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787