Program Khotmil Qur’an dalam Meningkatkan Loyalitas Jamaah di Biro Umrah Azzahro Semarang
Abstract
Khotmil Qur’an adalah kegiatan membaca Al-Qur’an yang dimulai dari Juz 1 hingga Juz 30 dan dibagi sesuai dengan jumlah peserta. Salah satu Tour And Travel Umrah di Semarang yaitu Azzahro Tour And Travel membuat Program Umrah yang sangat menarik, yaitu program Khotmil Qur’an. Program Khotmil Qur’an ini dilaksanakan oleh para jamaah Umrah saat mereka sudah sampai di tanah suci, baik di Kota Makkah maupun di Kota Madinah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah program Khotmil Qur’an ini dapat mempengaruhi dalam meningkatkan loyalitas jamaah Biro Umrah Azzahro. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan metode wawancara yang dilakukan kepada pemilik dan jamaah Biro Umrah Azzahro. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa program khotmil qur’an dapat mempengaruhi loyalitas jamaah Biro Umrah Azzahro karena program Khotmil Qur’an tersebut menjadikan nilai plus di mata para jamaah dan para jamaah merasa dengan waktu ibadah yang singkat mereka dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menjadikan perjalanan ibadah Umrah mereka menjadi lebih berkualitas. Selain itu, ternyata jamaah juga merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Biro Umrah Azzahro.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Agus Subhan, dan Danang Mahendra. “Khataman Qur’an Berjamaah Secara Online Berbasis Instant Messaging Server.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications 2, no. 1 (2017).
Albab, Ulil. “Tradisi Khataman Al-Qur’an Selama Tujuh Hari Setelah Kematian (Studi Living Qur’an Melalui Pendekatan Fenomenologi di Desa Proto Kedungwuni Pekalongan,” 2021.
Al-Dausary, Mahmud. “Mahmud. Keutamaan-Keutamaan Al-Qur’an,” t.t.
Amiruddin, Buya dan Muzakkir. “Tuntunan Manasik Haji & Umrah: Perspektif Syariat dan Tasawuf,” 2016.
Awalia, Rika Veronika Rahmatul. Pengaruh Kualitas Layanan, Komunikasi, Kepercayaan dan Kepuasan Emosional Terhadap Loyalitas Jamaah Pada Biro Perjalanan Umroh dan Haji Plus PT. Arminareka Perdana. Undergraduate Thesis. STIE Perbanas Surabaya, 2019.
Azab, Sulaimanul. “Pemaknaan Jama’ah Terhadap Tradisi Mengkhatamkan Al-Qur’an Dalam Shalat Tarawih di Masjid Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak,” 2008.
Euis, Tiani. “Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Umrah dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah pada PT Tanur Muthmainnah Tour Cabang Tangerang Selatan,” 2023.
Fahluroji, Aceng Ahmad. “Strategi Pemasaran Program Umroh dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Jamaah pada ESQ Tours and Travels 165,” 2015.
Faridzi, Muhammad Akmal. “Strategi Penguatan Loyalitas Jama’ah Haji Umrah PT. Nur Rima Al Waali Tour & Travel Jakarta Selatan Pada Masa Pandemi,” 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/.
Fauziyah, Mudrikatul. “Strategi Marketing dalam Mempertahankan Loyalitas (Studi Kasus Travel Umrah PT. Arminareka Perdana Bandar Lampung,” 2023.
Hidayatulloh, M. Deni. “Makna Al-Qur’an Secara Umum dan Kedudukannya Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan.” SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam 1, no. 1 (2023): 18–28. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i1.5.
Jazuli, Sarah Farhataini. “Pengaruh Nilai yang Diterima dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen pada Travel Umroh.” Dalam Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1–6. Bandung, 2020.
Kementerian Agama Republik Indonesia. “Tuntunan Manasik Haji dan Umrah.” Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, 2020. http://haji.kemenag.go.id.
Maulaya, Dina. Khataman Al-Qur’an dalam Tradisi Matang Puluh di Gedongan Ender Pangenan Cirebon. Analisis Sosiologi Pengetahuan, 2021.
Mirnawati, Santri Eka, dan Naylun Nada. “Implementasi Program Khotmil Qur’an pada Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga MA MA’ARIF NU ASSA’ADAH Bungah Gresik.” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 3 (2021): 22–32. https://doi.org/10.15642/JAPI.2021.3.2.22-32.
Mustofa, Ali, dan Siti Yulia Citra. “Konstribusi Khotmil Qur’an dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an di MA Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 15, no. 2 (2019): 75–92. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382499.
Noor, Muhammad. “Haji dan Umrah.” Jurnal Humaniora Teknologi 4, no. 1 (2018): 38–42. https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42.
Pratama, Aditya. “Strategi Pelayanan PT. Malika Wisata Utama Kota Tangerang dalam Menjaga Loyalitas Jamaah pada Masa Pandemi Covid-19,” 2022.
Purwanto, Nanang Joko. “Manasik Umroh dan Haji,” 2020.
Rozaq, Abdul, Kholisin, dan Masiran. “Prototype Model Bimbingan BTQ untuk Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang” 2, no. 1 (2023): 9–27.
Solikhan, Annas. “Strategi Pemasaran Program Umroh sebagai Upaya Peningkatan Jumlah Jamaah Umroh pada PT Jgrup Amanah Wisata Kabupaten Cilacap.” Fenomena 03, no. 01 (2023).
Tama, Meno Pajra. “Strategi Pemasaran Travel Haji dan Umroh PT. Anugerah Quba Mandiri Palembang dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat,” 2020.
Wardani, Septia Rachma. Pengaruh Kepercayaan & Kepuasan terhadap Loyalitas Jamaah Umroh PT. Nur Ramadhan Yogyakarta. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Airin Agasilva Khairisa, Ahmad Anas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License