Pengembangan e-LKPD Live Worksheet Berbasis Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kepedulian Energi Siswa

Dewi Anita Silvina Wahab, Turmudi Turmudi, Agus Mukti Wibowo

Abstract


Media pembelajaran e-LKPD berbasis live worksheet dikembangkan sebagai problem solving dalam pembelajaran. Media pembelajaran e-LKPD berbasis live worksheet secara spesifik dikembangkan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IPA materi sumber energi dan perubahannya kelas IV yang termuat dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini (1) Mengembangkan e-LKPD live worksheet berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan kepedulian energi siswa kelas IV di MI Khadijah Kota Malang. (2) Mengetahui pengaruh e-LKPD live worksheet berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis kelas IV di MI Khadijah Kota Malang. (3) Mengetahui pengaruh e-LKPD live worksheet berbasis PjBL terhadap kepedulian energi siswa kelas IV di MI Khadijah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu fase inverstigasi awal, fase desain, fase realisasi atau konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi, dan fase implementasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Khadijah Kota Malang, subjek penelitian adalah kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian adalah menghasilkan media e-LKPD live worksheet berbasis PjBL dapat diakses secara online dan telah memenuhi komponen media yang sangat layak dan valid untuk digunakan dengan hasil validitas dari ahli media sebesar 96% ahli materi sebesar 93%, ahli pembelajaran sebesar 95,6%. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh e-LKPD live worksheet berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan kepedulian energi siswa kelas IV di MI Khadijah Kota Malang. Hasil nilai t-hitung untuk keterampilan berpikir kritis yaitu 27,577 dengan hasil signifikasi yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H­0­ ditolak dan H­a diterima sehingga e-LKPD live worksheet berbasis PjBL dapat diterapkan oleh guru di dalam kelas untuk meningkatkat keterampilan berpikir kritis dan kepedulian energi siswa. 


Keywords


e-LKPD, PjBL, Berpikir Kritis, Kepedulian Energi

Full Text:

PDF

References


Aini, Nur Aisyah, A. Syachruroji, and Nana Hendracipta. “Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11183.

Anggriani, Reni, Arif Rahman Hakim, and Hairunisa Hairunisa. “Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Inpres Muku.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.438.

Arianatasari, Ajeng. “Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry.” Jurnal Pendidikan Akuntansi 6, no. 1 (2015). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/24947/22854.

Ariawan, Rezi, and Kinanti Januarita Putri. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 3, no. 3 (2020). https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558.

Asmaryadi, Ahmad Ilham, Yulia Darniyanti, and Nikmatun Nur. “Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis MIKiR Dengan Mengunakan Live worksheets Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3521.

Babakr, Zana Hasan, Pakstan Mohamedamin, and Karwan Kakamad. “Piaget’s Cognitive Developmental Theory: Critical Review.” Education Quarterly Reviews 2, no. 3 (2019). https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.03.84.

Basri, Yusuf, Yudha Irhasyuarna, Yasmine Khairunnisa, Universitas Lambung, Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, and Keterampilan Berpikir Kritis. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Green Chemistry” 4 (2024).

Daniel, Farida. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76.

Dewi, Putu Ayu Angga, Naniek Kusumawati, Erinda Nur Pratiwi, I Gusti Ayu Ngurah Kade Sukiastini, Moh. Miftahul Arifin, Rofiatun Nisa, Uslan, Ni Putu Widyasanti, Putri Rahardian Dyah Kusumawati, and Masnur. Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Ipa SD/MI. Edited by Tariza Fairuz. Vol. 5. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2020. https://books.google.co.id/books?id=4CBQEAAAQBAJ&pg=PA9&dq=Ruang+lingkup+pembelajaran+ipa+sd&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwjau5_ClvT7AhUjTGwGHTG-BbsQ6wF6BAgCEAU#v=onepage&q=Ruang lingkup pembelajaran ipa sd&f=false.

Fauzi, Muhammad Ilham Rifqyansya, Ismatun Naila, and Kunti Dian Ayu Afiani. “Perilaku Hemat Energi Pada Siswa Sekolah Dasar : Studi Kualitatif Deskriptif.” JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education 7, no. September (2024).

Flemming, Duoghlas.S. A Teacher’s Guide to Project-Based Learning. Charleston, 2000.

Hamidah, Nur, Ani Rusilowati, Ellianawati, Bambang Subali, and Wahyu Lestari. “Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar” 10 (2024).

Hasnawati, Ruslan, and Sugiarti. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pokok Asam Basa.” Chemistry Education Review (CER) 2, no. 2 (2019).

Hof, Barbara. “The Turtle and the Mouse: How Constructivist Learning Theory Shaped Artificial Intelligence and Educational Technology in the 1960s.” History of Education 50, no. 1 (2021). https://doi.org/10.1080/0046760X.2020.1826053.

Hutagalung, Melly Triyana, Asister Fernando Siagian, and Selamat Triadil Saragih. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Subtema Sumber Energi.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3, no. 02 (2023). https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3058.

K.L.S. Utami, I.W. Suastra, and N.K. Suarni. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Tema Sumber Energi Kelas IV SD.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 6, no. 2 (2022). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.952.

Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa, and I Made Citra Wibawa. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

Kurniawati, Fitri Erning. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Penelitian 9, no. 2 (2015). https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326.

Mones, Anselmus Y, Aristiawan Aristiawan, Muhtar Muhtar, and Deasy Irawati. “Project Based Learning (PjBL) Perspektif Progresivisme Dan Konstruktivisme.” Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tantangan Dan Peluang,” 2023. https://if.binadarma.ac.id/document/1667374163_Panduan_Pelaksanaan_Mata Kuliah Project.pdf.

Musmuliadi, Ketut Suardika, and Abdul Halim Momo. “Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Kepedulian Lingkungan Melalui Pembelajaran Sains Dengan Kontruksi LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 2 UNAAHA.” Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.33772/JWKP-IPS.

Nguyen, Hong Thu Thi. “Project-Based Assessment in Teaching Intercultural Communication Competence for Foreign Language Students in Higher Education: A Case Study.” European Journal of Educational Research 10, no. 2 (2021). https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.933.

Nugroho, Arosyid Wahyu, and Samsul Ma’arif. “Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326.

Pratiwi, Eka Titik, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362.

Samsul Amarila, Raula, Bambang Subali, and Sigit Saptono. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan.” Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192.

Sularmi, Dwiyono Hari Utomo, and I Nyoman Ruja. “Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Pendidikan 3 (2018). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Tias, Ika W Utamining. “Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Turmudi, T, I Yuwono, E B Irawan, and ... “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Skafolding Metakognitif.” Prosiding SI MaNIs … 1, no. 1 (2017). http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/44%0Ahttp://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/download/44/14.

Turnawati, Anggraeni Dwi, Faizatul Mukarromah, Korik Alfat, and Khosiah Stai. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema 2 Materi Perubahan Energi Melalui Media.” AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2023).

Wibowo, A. M., S. Utaya, W. Wahjoedi, S. Zubaidah, S. Amin, and R. R Prasad. “Critical Thinking and Collaboration Skills on Environmental Awareness in Project-Based Science Learning.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 13, no. 1 (2024). https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48561.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Anita Silvina Wahab, Turmudi, Agus Mukti Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303