Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bilangan Terhadap Meningkatnya Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas V SDN Layungsari 2 Kota Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran kartu bilangan dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan dan hasil belajar siswa kelas V SDN Layungsari 2 Kota Bogor. Penelitian dilaksanakan dengan metode tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus pertama, pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan media minimalis, sedangkan pada siklus kedua diterapkan media pembelajaran kartu bilangan berbentuk permainan interaktif. Data dikumpulkan melalui tugas dan asesmen formatif siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata tugas dari 64,00 menjadi 81,50 dan nilai asesmen formatif dari 58,50 menjadi 85,00. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 25% menjadi 85%. Selain itu, siswa melaporkan pembelajaran dengan media kartu bilangan lebih menarik, mudah dipahami, dan menyenangkan. Kesimpulannya, media pembelajaran kartu bilangan efektif meningkatkan kualitas pembelajaran materi pecahan dan mendukung pengembangan kompetensi numerasi siswa di tingkat Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti, Muhammad Najib, B Nuraulia Rahmanita, and Andi Prastowo. “Drill and Practice Berbasis Video Terhadap Efektivitas Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 15 Palembang.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2023).
Eliani, Nurul, and Berta Apriza. “Media Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di SD Negeri 3 Gedung Sari.” Griya Cendikia 10, no. 1 (2025).
Faruq, Dukan Jauhari. “Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Kartu Bilangan Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan.” IJIT: Indonesian Journal of Islamic Teaching 1, no. 1 (2018).
Fidayanti, Meta, Ali Shodiqin, and others. “Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 1 (2020).
Husnaidah, Mutia, Marlina Serli Hrp, and Khotna Sofiyah. “Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu 8, no. 12 (2024).
Kastur, Annita, Kurniasari Kurniasari, and Fitria Hidayati. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di Kelas III SD Negeri Jatiadi 1 Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.” Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 10, no. 1 (2025).
Manik, Thera Maora, and Mutia Febriyana. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 060909 Medan Denai.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 5 (2024).
Najib, Muhammad, Nafa Indah Budi Lestari, Fatonah Salfadilah, Muhamad Supriadi, and Futihatul Janah. “Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning (Ctl) Materi Bangun Datar Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.” Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 2 (2023).
Najib, Muhammad, Muhammad Munir, and Arif Prasetyo. “Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.” Journal of Integrated Elementary Education 3, no. 1 (2023).
Ndraha, Iman Saro, Ratna Natalia Mendrofa, and Rama’eli Lase. “Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2022).
Oktafyani, Ayu, Siti Istiningsih, and Ilham Syahrul Jiwandono. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika.” Journal of Classroom Action Research 4, no. 3 (2022).
Pajarwati, Asri, Oyon Haki Pranata, and Nana Ganda. “Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Membandingkan Pecahan.” Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 1 (2019).
Permatasari, Kristina Gita. “Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pedagogy 14, no. 2 (2021).
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, Zulela Zulela, and Fahrurrozi Fahrurrozi. “Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021).
Salsabila, Unik Hanifah, Hilda Putri Seviarica, Maulida Nurul Hikmah, and others. “Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25, no. 2 (2020).
Susilo, Herawati, Husnul Chotimah, and Yuyun Dwita Sari. Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.
Thana, Paskha Marini, and Sri Hanipah. “Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke-21.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4 (2023).
Utomo, Fuad Try Satrio. “Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2023).
Wijayama, Bayu, and others. Model Pembelajaran Jigsaw Dan STAD Terhadap Pencapaian Karakter Dan Kemampuan Numerasi Siswa. Cahya Ghani Recovery, 2023.
Winatha, Komang Redy, D R Naswan Suharsono, and Ketut Agustini. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK TI Bali Global Singaraja.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 8, no. 1 (2018).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Devi Andini, Sandi Budiana, Fani Rahayu Diananda, Bagas Margi Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




