Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Selama ini, pembelajaran PAI masih cenderung berfokus pada aspek kognitif dan hafalan, sehingga kurang menyentuh aspek afektif dan psikomotorik secara menyeluruh. Melalui pendekatan Pembelajaran Mendalam yang menekankan pada kebermaknaan, kesadaran, dan kegembiraan belajar, peserta didik diarahkan untuk mengalami proses belajar yang reflektif, kontekstual, dan berorientasi pada pembentukan karakter sehingga berhasil sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang berdasarkan dimensi Profil Lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi kepustakaan. Model pengembangan pembelajaran Dick and Carey digunakan sebagai kerangka sistematik untuk merancang bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan capaian pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi antara langkah-langkah pengembangan instruksional dan prinsip-prinsip Pembelajaran Mendalam menghasilkan bahan ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif. Bahan ajar PAI yang dikembangkan mampu mendorong pemahaman konseptual, pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, serta mendukung pembentukan Profil Lulusan yang di antaranya religius, kolaboratif, mandiri, dan berpikir kritis. Temuan ini relevan untuk diterapkan dalam pengembangan bahan ajar PAI di berbagai jenjang pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Aminol Rosid. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Achmad, Ghufran Hasyim, Dwi Ratnasari, Alfauzan Amin, Eki Yuliani, and Nidia Liandara. “Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022).
Amril, M, Witari Triarni Panggabean, Agama Islam, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. “Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024).
Anwar, Sjaeful. Metode Pengembangan Bahan Ajar (Four Step Teaching Material Development. Bandung: Indonesia Emas Grup, 2023.
Arsanti, Meila. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA.” Jurnal Kredo 01, no. 2 (2018).
Asworo, Aulia Fadya Cahayani, Lailatil Hasanah, Salma Fauziah Solehah, Syavinah Komariyah, and Vina Lasha. “Pentingnya Penilaian Formatif Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan 06, no. 3 (2024).
Bastian, Adolf, and Reswita. Model Dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2023.
Dick, Walter, Lou Carey, and James O. Carey. The Systematic Design of Instruction. 7th ed. New Jersey: Pearson, 2009.
Hairunnisa, Hasmila, Hamdiani, and Moh. Ilham Mokoginta. Pengembangan Bahan Ajar PAI. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2020.
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam (Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia, 2025.
Krippendorff, Klaus. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. 2nd ed. California: Sage Publications, 2004.
Lufri, Ardi, Relsas Yogica, Arief Muttaqiin, and Rahmadhani Fitri. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH, 2020.
Mulyasa. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Nugroho, Prasetyo Adi, Moh. Badrus Sholeh Arif, Fahimatul Anis, Elvin Cahyanita, Nindya Nurdianasari, Nurhasanah, Trapsila Siwi Hutami, et al. Deep Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Edupedia Publisher, 2025.
Octaviana, Dila Rukmi, Moh Sutomo, and Mashudi. “Model Pembelajaran Dick and Carey Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran PAI.” Tawadhu 6, no. 2 (2022).
Rusdiyana. Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) Untuk Mata Pelajaran IPA SD. Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2025.
Saputra, Mochammad Ronaldy Aji, Fitria Idham Chalid, and Heri Budianto. Metode Ilmiah Dan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset). Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2023.
Supardi. Landasan Pengembangan Bahan Ajar (Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual). Mataram: Sanabil, 2020.
Syafei, Imam. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019).
Yaumi, Muhammad. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. 3rd ed. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor indonesia, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dhia Alfa Della, Taufik Abdullah Attamimi, Uswatun Hasanah, Ririn Khairunnisa, Muhammad Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




