Strategies for Developing Students Religious Character Through Muhammadiyah Education at Muhammadiyah Elementary School 4 Malang City
Abstract
Pembinaan karakter Islami dalam implementasi pendidikan kemuhammadiyahan bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam dan prinsip-prinsip Muhammadiyah. Proses ini tidak hanya berfokus pada pemahaman teori, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam atau disebut karakter religius. Penelitian berpendekatan kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles and Hubberman ini memperlihatkan bagaimana SD Muhammadiyah 4 Kota Malang menerapkan metode-metode pendidikan yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam pembentukan akhlak atau karakter religius. Ada enam metode yang meliputi Metode keteladanan (al-Uswah al-Hasanah), Metode pembiaasaan (Ta’widiyyah), Metode Mauizhah dan nasehat, Metode Kisah (Qashash), Metode Perumpamaan (Amtsal) dan Metode hadiah dan hukuman (Tsawab dan Iqab). Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kode etik ditetapkan oleh pemerintah dan mengikuti berbagai pelatihan dari Muhammadiyah agar dapat menjadi teladan yang baik bagi siswa. Kebiasaan-kebiasaan dan perilaku yang baik dibentuk secara bertahap dengan dikuatkan melalui berbagai cerita Rasulullah dan tokoh-tokoh Islam lainnya, nasehat untuk memotivasi terbentuknya perilaku religius, penggunaan perumpamaan-perumpamaan agar mempermudah siswa memahami penjelasan guru, juga hadiah dan hukuman untuk membentuk karakter religius dan mengurangi perilaku negatif yang dapat mengganggu proses terbentuknya karakter religius.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. Mustika. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019). https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185.
Achyanadia, Septy. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm.” Jurnal Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2016). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486.
Ani, Nur Aeni. “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014).
Arifin, Z. “Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Dan Prosedur.” In Remaja Rosdakarya. Preprint, 2017.
Asiva Noor Rachmayani. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2015.
———. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multidispliner (Dialektika Konsep Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya) *Septyana. 2015.
Cahyo, Edo Dwi. “Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150.
Creswell, Jhon W. “Design Research Kuantitaif Kualitatif.” Annaba, 2014.
Dalimunthe, Dewi Shara. “Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-Nilai Spiritual, Etika, Dan Pemahaman Keislaman Dalam Konteks Modern.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426.
Maftuhah. Revolutionizing Islamic Religious Education : Transforming Paradigms from Al-Azhar in Anticipation of the Future. 9, no. 1 (2024).
———. “Strategi Pengembangan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif.” In Progressa, 08 no. 02. 2024. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.491.123-131.
Maftuhah, Ikhwanuddin. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pai Melalui Pendekatan Inovatif: Menyongsong Generasi Z. 08, no. 02 (2024). https://doi.org/10.32616/pgr.v8.2.497.111-122.
Maftuhah, Maftuhah. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Brondong Lamongan.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.105.
Maftuhah, Romelah, Nurul Humaidi. Analysis of Muhammadiyah Leadership in the Pre-Independence Period. 9, no. 1 (2024).
Nantara Didit. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Di Sekolah Dan Peran Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2022).
Natalia Natalia, and Taufik Muhtarom. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Disrupsi.” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial 2, no. 5 (2024). https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1008.
Salim, Agus, Zailani, and Selamat Pohan. “Cultivation of Character Education in the Boarding School System: Case Study of the Tahfiz Qur’an Islamic Islamic Boarding School Tanjung Morawa.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2025).
Sari, Aidah. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 02 (2017). https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952.
SaThierbach, Karsten, Stefan Petrovic, Sandra Schilbach, Daniel J. Mayo, Thibaud Perriches, Emily J. E.J. Emily J Rundlet, Young E. Jeon, et al. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Proceedings of the National Academy of Sciences 3, no. 1 (2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Syaiful Arif, Faridi, Sunarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




