Pengaruh Berbantuan Audio-Visual Media Interaktif Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Rawamangun

Sasqia Albie Fahrunnisa, Rahmiati Rahmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbantuan audio-visual interaktif Powtoon terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa, khususnya dalam aspek membaca dan menulis. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain lingkungan belajar yang kurang mendukung, metode pengajaran konvensional yang kurang menarik perhatian siswa, serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Dalam konteks pembelajaran abad ke-21, diperlukan pendekatan yang mampu mengintegrasikan teknologi untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif. Powtoon sebagai media berbasis animasi dan audio-visual interaktif, dipilih karena memiliki potensi besar dalam menarik perhatian siswa, menyajikan materi secara visual yang mudah dipahami, serta meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif, tetapi juga untuk menelaah sejauh mana penggunaan media tersebut mampu mengubah dinamika interaksi di kelas dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain memberikan kontribusi secara praktis dalam pengembangan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya literatur terkait pemanfaatan media teknologi dalam dunia pendidikan dasar. Dengan demikian, diharapkan akan muncul inovasi baru dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.


Keywords


Audio-Visual, Media Interaktif, Powtoon, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aliyah, Afifatul Aliyah, and Sigid Edy Purwanto. “Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 8, no. 3 (August 2022). https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946.

Anggita, Zulfah. “Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL KONFIKS 7, no. 2 (2020). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538.

Anggraeni, Rani, Rina Agustini, and Taufik Hidayat. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Video Tutorial.” Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9, no. 2 (August 2025). https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v9i2.19226.

Anggraini, Fitria Dewi Puspita, Aprianti Aprianti, Vilda Ana Veria Setyawati, and Agnes Angelia Hartanto. “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS Untuk Uji Validitas Dan Reliabilitas.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206.

Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (September 2017): 2. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Hasan, Muhammad, Milawati Milawati, Darodjat Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana Masdiana, and I. Made Indra. Media Pembelajaran. Klaten, Jawa Tengah: Tahta Media Group, 2021. https://eprints.unm.ac.id/20720/.

Hasnaa, Salsabilah Ainun, and Siti Sahronih. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (May 2022). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.31.

Izzah, Lidiyatul, Herwina Bahar, and Gianti Putri. “Pengaruh Animasi Dalam Aplikasi Powtoon Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 2, no. 4 (October 2020). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8876.

Lestari, Madya Indah. “Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.” Elementary School Teacher 7, no. 2 (August 2024). https://doi.org/10.15294/9wvmet33.

Muliyah, Pipit, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, and Tryana. “Exploring Learners’ Autonomy In Online Language-Learning In Stai Sufyan Tsauri Majenang.” Getsempena English Education Journal 7, no. 2 (November 2020). https://doi.org/10.46244/geej.v7i2.1164.

Nurhabibi, Rizki. “Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik Dan Kreatif.” Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar 5, no. 1 (November 2020). https://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1157.

Ono, Sugi. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation.” Jurnal Keterapian Fisik 5, no. 1 (May 2020). https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167.

Purnami, Ni Putu Mayra Dian, Ni Wayan Widia Sulianingsih, and Ni Putu Eka Widyantari. “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi: Using Powtoon as a Technology-Based Creative Learning Media.” PROSPEK 1, no. 1 (January 2022). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1718.

Sapriyah, Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (May 2019).

Ujud, Sartika, Taslim D Nur, Yusmar Yusuf, Ningsi Saibi, and Muhammad Riswan Ramli. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” JURNAL BIOEDUKASI 6, no. 2 (October 2023). https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sasqia Albie Fahrunnisa, Rahmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303