Implementasi Metode Wafa dalam Mengembangkan Pembelajaran Al Qur’an yang Bermutu di SD IT Insan Permata Bojonegoro
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Wafa dalam mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an yang bermutu di SD IT Insan Permata Bojonegoro. Metode Wafa diterapkan untuk meningkatkan pemahaman, penghafalan, dan penerapan ajaran Al-Qur’an melalui pendekatan sistematis yang melibatkan tujuh elemen inti, yaitu Pemetaan, Penyempurnaan, Standarisasi, Pendampingan, Pengawasan, Munaqosyah, dan Pengukuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian lapangan, dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Wafa di SD IT Insan Permata Bojonegoro telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran di sekolah ini telah mengacu pada standar yang ditetapkan oleh metode Wafa, dengan kualitas guru yang sesuai, rasio pengajar dan siswa yang ideal, serta struktur pembelajaran yang terorganisir dengan baik. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya pengawasan akademik yang intensif, ketidakteraturan kenaikan level bacaan siswa, dan tingginya pergantian guru yang mempengaruhi kesinambungan pembelajaran. Secara keseluruhan, metode Wafa terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, diperlukan penguatan pengawasan, peningkatan kualitas pelatihan guru, dan optimalisasi penggunaan perangkat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar metode Wafa diterapkan secara lebih konsisten untuk mencapai hasil pembelajaran Al-Qur’an yang lebih bermutu dan berkelanjutan di sekolah-sekolah berbasis Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansari, Muhammad Iqbal, Abdul Hafiz, and Nurul Hikmah. “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2, no. 2 (December 2020). https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.359.
Basa, Fahmi Ali. “Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Di Sekolah Dasar Islam Di Banjarmasin.” Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10, no. 2 (June 2024). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1493.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian kualitatif.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (April 2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fauziyyah, Aida, Muhammad Ilyasa Amrullah, Haris Saripudin, Neng Juwita, Sumiati Sumiati, and Iim Ibrohim. “Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di MTS MIMHA Informatika Kota Bandung.” Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa 1, no. 8 (January 2025). https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i8.198.
Haki, Ubay, Eka Danik Prahastiwi, and Universitas Tapanuli Selatan. “Strategi Pengumpulan Dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan 3, no. 1 (May 2024). https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67.
Hukamak, Saiful, and S. Sumihatul Ummah. “Problematika Guru Dalam Mengajar Al-Qur’an Dengan Metode Wafa Pada Anak Usia Dini.” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) 2, no. 2 (January 2022). https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.71-82.
Markhabi, Fhiqri, Nurmawati, and Salminawati. “Efektivitas Program Tahfizh Al-Qur’an Di SMP Tahfizh Azhar Centre.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (February 2024). https://doi.org/10.58230/27454312.512.
Nurkhalizah, Ervin, Akil Akil, and Agus Susanto. “Implementasi Metode WAFA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tahsin Dan Tahfidz.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 8, no. 2 (September 2024). https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v8i2.2473.
Ratnawati, Rinta, Lukman Fajar Purwoko, Abdul Majid, Martinus Pekei, and Budi Purwoko. “Manajemen Program Tahfiz Dalam Pembentukan Karakter Santri: Studi Di Sekolah Menengan Pertama Plus Nurul Hikmah Pamekasan.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 7, no. 2 (2024). https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/re-jiem/article/view/16125.
Santiago, Deri, and Ahmad Kosasih. “Penggunaan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah.” AS-SABIQUN 4, no. 3 (July 2022). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1979.
Sar’an, Yulda Septiana, and Silva Feriska Utami. “Implementasi Metode Komprehensif Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di TPA Nurul Hikmah Lubuk Juangan.” Jurnal Pavaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6, no. 1 (September 2024). https://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/pavaja/article/view/372.
Sari, Putri Kartika, and Akhtim Wahyuni. “Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 3 (May 2024). https://doi.org/10.47134/paud.v1i3.408.
Sinamo, Robesti. “Penerapan Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Bagi Siswa Di Era Pendidikan Abad 21.” Jurnal Kualitas Pendidikan 2, no. 1 (2024). https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp/article/view/1473.
Singgarani, Winda Arum, Zaenal Arifin, and N. Fathurrohman. “Implementasi Metode Wafa Pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur’an Di SMAIT Harapan Umat Karawang.” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (August 2021). https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1090.
Sitti Rahmasari, and Faqih El Wafa. “Analisis Kompetensi Profesional Guru Fisika Dalam Penguatan Karakter Keislaman Siswa Madrasah Aliyah.” Journal of Islamic Education El Madani 4, no. 1 (December 2024). https://doi.org/10.55438/jiee.v4i1.134.
Sofa, Ainur Rofiq, Sukandarman Sukandarman, Nur Hidayatingsih, Nurul Qomariyah, Suhud Al Fausi, and Syaifullah Syaifullah. “Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact Dan Emotion AI Di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo.” Indonesian Research Journal on Education 5, no. 2 (March 2025). https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2377.
Sultani, Sultani, Alfitri Alfitri, and Noorhaidi Noorhaidi. “Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (June 2023). https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108.
Thoifah, I’anatut. “Accelerate Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Neurologi (Pola Metode Al-Barqy Dan Wafa).” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (December 2020). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.10467.
Yahya, Fizian, Saharudin Saharudin, Dzul Himmatus Syarifah, Baiq Arihni Rohiatul Jannah, Suriati Suriati, Zahiratun Nabila, and Saniarti Saniarti. “Pendampingan Program Belajar Hijaiyah Dengan Metode Wafa di TPQ Baitul Makmur dan TPQ Baiturrahim.” Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 1 (April 2025). https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i1.713.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anis Saidah, Ita Yunita, Hanun Asrohah, Husniyatus Salamah Zainiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.