Tanggung Jawab Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Perspektif Tafsir Maudhu’i
Abstract
Pendidikan karakter anak merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan generasi yang berakhlak mulia dan berkualitas. Dalam Islam, orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik anak, baik dalam aspek agama, moral, maupun intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanggung jawab orang tua dalam membentuk karakter anak berdasarkan perspektif tafsir Maudhu’i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis tafsir Maudhu’i (tafsir tematik), yang mengkaji ayat-ayat Al-Qur'an terkait dengan tema tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak. Jenis penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), dengan sumber utama Al-Qur'an dan tafsir-tafsir klasik serta kontemporer, seperti Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Ibnu Katsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak dapat dibagi menjadi tiga aspek utama: pertama, mendidik anak sesuai dengan fitrah yang telah Allah tanamkan dalam diri mereka, kedua, pendidikan akhlak yang berbasis pada keteladanan orang tua, dan ketiga, pendidikan intelektual yang mengajarkan berpikir kritis dan memahami ajaran agama. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi orang tua dalam era digital, di mana paparan informasi dan media sosial dapat mempengaruhi karakter anak. Oleh karena itu, orang tua diharapkan bijaksana dalam mendampingi anak-anak mereka agar tetap berada pada nilai-nilai Islami. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman dan penguatan peran orang tua dalam mendidik anak, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, Fatoni. “Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 6, no. 2 (2024). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.9040.
Afni, Nur, and Jumahir Jumahir. “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak.” Musawa: Journal for Gender Studies 12, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591.
Ahmad, Aisya. “Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 2 (2022). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).8753.
Annur, Pingki Alfanda, Eri Susanti, and Irega Gelly Gera. “Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar Dalam Membentuk Karakter Religius Di Era Digital Menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar.” Jurnal Edukasi 1, no. 3 (2023). https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182.
Arfan, Surya, and Arbi Yasin. “Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Fitrah Dalam Mengenal Allah.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 21, no. 02 (2024). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v21i02.1222.
Bakir, Moh. “Teknik-Teknik Analisis Tafsir Dan Cara Kerjanya.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.33511/misykat.v5n1.51-72.
Celine, Devi Rofidah, and Ahmad Yusam Thobroni. “Nilai-Nilai Pendidikan Unggul Perspektif Qs. Luqman Ayat 12-19.” Jurnal Al-Fatih 7, no. 2 (2024). https://doi.org/10.61082/alfatih.v7i2.355.
Hamidah, Nining Siti, Vira Audina, Nadela Harmonisya, and Ayudia Anggraini. “Prophetic Parenting: Konsep Ideal Pola Asuh Islami.” Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1, no. 02 (2022). https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.179.
Hefrita, Nelly Octovia, Walidatil Hasni, and Inong Satriadi. “Sosok Pendidik Dalam Tinjauan Al-Qur’an Dan Hadist (Studi Literatur).” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 2 (2024). https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.1043.
Jamil, Sofwan, Irawati Irawati, Moch Hilman Taabudilah, and Rofiq Noorman Haryadi. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kesadaran Sosial Dan Kemanusiaan.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.32.
Judrah, Muh., Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.
Lindawati, Evi, and Alam Tarlam. “Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Surah Lukman Ayat: 12-19 Perspektif Maqashid Syariah.” JUPIDA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Miftahul Huda 2, no. 1 (2024). https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jupida/article/view/657.
M Miftahul Aziz. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Tinjauan Hadits: Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Tarbawi.” Journal Islamic Studies 5, no. 02 (2024). https://doi.org/10.32478/r9bt4g07.
Manan, Abdul. “Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital.” SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, no. 1 (2023). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1865.
Mirza, Iskandar, and Sri Azizah Siroj. “Analisis Tafsir Tarbawi Dalam Pendidikan Karakter: Studi Literatur Tentang Konsep, Prinsip, Dan Implementasi.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 5, no. 1 (2025). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1166.
Muali, Chusnul, and Sulis Fatmawati. “Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor Dan Strategi Dalam Perspektif Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2022). https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.135.
Muin, M. Tamsil, and Aris Setyawan. “Konsep Pendidikan Anak Di Era Digital Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2024). https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i2.617.
Mujayyanah, Fauziyah, Benny Prasetiya, and Nur Khosiah. “Konsep Pendidikan Akhlak Luqmanul Hakim ( Kajian Tafsir Al-Misbah Dan Al-Maraghi ).” Jurnal Penelitian IPTEKS 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5251.
Nggebu, Sostenis, and Yusnoveri Chung. “Ayah Teladan Sebagai Peletak Dasar Iman Anak.” Manna Rafflesia 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.38091/man_raf.v8i2.243.
Putra, Handal Pratama, and M. Hajar Dewantoro. “Penerapan Teori Multiple Intelligences Howard Gardner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 12, no. 2 (2022). https://doi.org/10.24014/jiik.v12i2.18709.
Ramdhani, Khalid, Iwan Hermawan, and Iqbal Amar Muzaki. “Pendidikan Keluarga Sebagai Fondasi Pertama Pendidikan Karakter Anak Perspektif Islam.” Ta’lim 2, no. 2 (2020): 36–49. https://doi.org/10.36269/tlm.v2i2.284.
Rokim, Syaeful, and Rumba Triana. “Tafsir Maudhui: Asas dan Langkah Penelitian Tafsir Tematik.” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6, no. 02 (2021). https://doi.org/10.30868/at.v6i02.2057.
Salsa Nurhabibah, Herlini Puspika Sari, and Siti Fatimah. “Pendidikan Karakter Di Era Digital: Tantangan Dan Strategi Dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3, no. 3 (2025). https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099.
Sodo, Muhith Marzuki. “Metode, Pendekatan, Kekurangan dan Kelebihan Mufasir Kontemporer Indonesia.” Jurnal Alqolam 8, no. 2 (2024). https://www.jurnal.staihwduri.ac.id/index.php/alqolam/article/view/4785.
Sri Hafizatul Wahyuni Zain, Erna Wilis, Syarkani, and Herlini Puspika Sari. “Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadis.” Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 4 (2024). https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365.
Sugiarti, Yayuk, and Hidayat Andyanto. “Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua.” Jurnal Jendela Hukum 9, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051.
Wulandari, Julhadi, and Rusydi Am. “Religiusitas Dan Pencapaian Pendidikan Padamasyarakat Sumatera Barat.” Qolamuna : Jurnal Studi Islam 10, no. 01 (2024). https://doi.org/10.55120/qolamuna.v10i01.1913.
Zaqy Faridatus Sholekhah, Naufal Taqiyuddin, Naila Syahda Salsabila, Mar’atul Mufida, and Ana Rahmawati. “Gaya Parenting Dalam Perspektif Al-Qur’an: Dampaknya Pada Pendidikan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2024). https://doi.org/10.47134/pjpi.v2i2.1162.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anis Saidah, Ita Yunita, Moch Tolchah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.