Implementasi Motode Driil and Practice Berbantuan Video Youtube pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Tiara Yuliarsih, Andi Prastowo, Vina Tamarin, Gongma Sari Siagian, Hendarti Suprobo

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas metode drill and practice berbantuan video YouTube dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 1 di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, yang sering dianggap sulit. Video YouTube dipilih karena visualnya menarik dan mudah diakses, sementara metode drill and practice efektif dalam memperkuat pemahaman melalui latihan berulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru kelas 1 dan waka kurikulum. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menganalisis implementasi metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video YouTube dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa dengan mengubah konsep abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Kombinasi drill and practice dengan video YouTube memungkinkan latihan soal yang lebih interaktif dan menyenangkan. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses internet, kualitas video, dan potensi distraksi juga ditemukan. Kesimpulannya, metode ini berpotensi meningkatkan hasil belajar matematika siswa, tetapi memerlukan pengelolaan yang bijak dan persiapan guru yang matang.


Keywords


Driil and Practice, Youtube, Matematika, Sekolah Dasar Ilmu Terpadu

Full Text:

PDF

References


Afrianti. “Upaya Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Isi Berita di Surat Kabar melalui Metode Drill Siswa Kelas VI SD Negeri 011 Pagaran Tapah Darussalam.” Primary 6, no. 1 (2017). https://www.neliti.com/ru/publications/258296/.

Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, and Rachil Amalia Mufidah. “Analisis Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.” FONDATIA 4, no. 1 (March 30, 2020). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467.

Anugerah, Sulung, Saida Ulfa, and Arafah Husna. “Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7, no. 2 (October 3, 2020). https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076.

Astuti, Yuni. “Pengaruh Metode Drill Dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang).” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4, no. 1 (June 20, 2017). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276.

Audio, Pemrosesan, Tomasz Wojnar, and Jarosław Hryszko. “Mi-Go : Alat Yang Menggunakan YouTube Sebagai Sumber Data Untuk Mengevaluasi Model Pembelajaran Mesin Pengenal Suara Untuk Tujuan Umum,” 2024.

Chtouki, Yousra, Hamid Harroud, Mohammed Khalidi, and Samir Bennani. “The Impact of YouTube Videos on the Student’s Learning.” In 2012 International Conference on Information Technology Based Higher Education and Training (ITHET). Istanbul, Turkey: IEEE, 2012. https://doi.org/10.1109/ITHET.2012.6246045.

Fadhli, Muhibuddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (January 25, 2015). https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Fransiska, Cici, Ruhban Masykur, and Fredi Ganda Putra. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Desimal: Jurnal Matematika 2, no. 2 (June 26, 2019). https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147.

Fyfield, Matthew, and Michael Henderson. “Navigating Four Billion Videos: Teacher Search Strategies and the YouTube Algorithm.” Learning, Media and Technology 46, no. 1 (January 2, 2021). https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1781890.

Ginanjar, Ani Yanti, Fajar Nugraha, and Nurhasanah Nurhasanah. “Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (February 11, 2022). https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147.

Grahito Wicaksono, Anggit. “Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan STEAM Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 10, no. 1 (May 25, 2020). https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98.

Gumisirizah, Nicholus, Joseph Nzabahimana, and Charles M. Muwonge. “Students’ Performance, Attitude, and Classroom Observation Data to Assess the Effect of Problem-Based Learning Approach Supplemented by YouTube Videos in Ugandan Classroom.” Scientific Data 11, no. 1 (April 25, 2024). https://doi.org/10.1038/s41597-024-03206-2.

Halawati, Halawati, and Mayang Gadih Ranti. “Improvement of Ability of Class VB Students SDN Indrasari 2 Martapura to Solve Multiplying and Dividing Fraction Use Tiered Drilling.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (April 29, 2020). https://doi.org/10.33654/math.v6i1.911.

Handayani, Sri, Tasya A. Khumaero, and A. Syukur. “Edukasi Penggunaan Media Digital Yang Baik Dan Benar Serta Pelatihan Potensi Minat Bakat Anak-Anak Di Kampung Cikoneng Rw 03 Desa Cibiru Wetan Dalam Situasi Pandemi Covid-19.” Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 68 (2021).

Hartono, Bryan Pudji. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Perhatian Siswa.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (May 11, 2018). https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4636.

Jebe, F., Konietzko, S., Lichtschlag, M., and Liebau, E. Study: “Youth/YouTube/Cultural Education. Horizon 2019.” Essen: Rat für Kulturelle Bildung, 2019.

Jones, Troy, and Kristen and Cuthrell. “YouTube: Educational Potentials and Pitfalls.” Computers in the Schools 28, no. 1 (March 14, 2011). https://doi.org/10.1080/07380569.2011.553149.

Junawan, Hendra, and Nurdin Laugu. “Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram Dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia.” Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 4, no. 1 (September 12, 2020). https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46.

Jung, Inki, and Keekeun Lee. “Wireless Neural Probes Based on One-Port SAW Delay Line and Neural Firing-Dependent Varicap Diode.” Sensors and Actuators B: Chemical 207 (February 1, 2015). https://doi.org/10.1016/j.snb.2014.10.070.

Kadri, A. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Sharing Dan Media Audio Visual Pada Materi Iman Pada Hari Akhir Pada Siswa Kelas XII MIA 2 Sma Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Akademik Unidayan 2, no. 124 (2020).

Khoirunisa, Khoirunisa, Andi Prastowo, and Siti Fatimah. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4, no. 8 (December 16, 2021). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.372.

Kulgemeyer, C., and J. Wittwer. “Miskonsepsi Dalam Video Penjelasan Fisika Dan Ilusi Posisi Yang Kurang Tepat: Sebuah Studi Eksperimental.” Jurnal Internasional Pendidikan Sains Dan Matematika 21, no. 2 (2023).

Kurnia, Naila Restu, Siti Ruqoyyah, and Uke Viani. “The Application Of A Method Of Drill In An Effort To Improve The Result On Any Material Multiplication Students Learn Math Class II Primary School.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 5 (October 11, 2020). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i5.8024.

Lestari, Widya Rahma, Undang Ruslan Wahyudin, and Jaenal Abidin. “Efektivitas Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 2 (August 9, 2021). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1485.

Lisnarwati, Lisnarwati. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif melalui Metode Drill Siswa Kelas III C SD Negeri 006 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Primary 6, no. 2 (2017). https://www.neliti.com/id/publications/258372/.

Mahmudah, Indri, Andi Prastowo, and Sunedi Sunedi. “Model Drill and Pratice Berbasis Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (September 2, 2022). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1202.

Manca, Stefania, and Maria Ranieri. “Implications of Social Network Sites for Teaching and Learning. Where We Are and Where We Want to Go.” Education and Information Technologies 22, no. 2 (March 1, 2017). https://doi.org/10.1007/s10639-015-9429-x.

Maulani, Siska, Nisa Nuraisyah, Dini Zarina, Intan Velinda, and Ani Nur Aeni. “Analisis Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia 2, no. 1 (January 24, 2022). https://doi.org/10.52436/1.jpti.134.

Nasution, Zainal Asrin, and Andi Prastowo. “Analisis Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Dirll and Practice Untuk MI/SD.” El Midad: Jurnal Jurusan PGMI 13, no. 1 (July 8, 2021). https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2972.

Natalita, Rini Kurnia, and Nurli Situngkir. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas 1 SD.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 2, no. 1 (August 13, 2019). https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084.

Nazhiroh, Siti Ainun, Muhamad Jazeri, and Binti Maunah. “Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 3 (November 7, 2021). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193.

Nurhasanah. “Metode Drill Dalam Perencanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” June 25, 2020. https://doi.org/10.35542/osf.io/ub49j.

Pebriani, Ni Luh Putu Purhita, I. Gusti Ngurah Japa, and Putu Aditya Antara. “Video Pembelajaran Berbantuan Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 3 (October 4, 2021). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Pekdag, B., and J. F. Le Marechal. “Film Dalam Pendidikan Kimia.” Forum Asia-Pasifik Untuk Pembelajaran Dan Pengajaran Sains 11, no. 1 (2010).

Purwanto, Andik, Desy Hanisa Putri, and Dedy Hamdani. “Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar.” Jurnal Kumparan Fisika 4, no. 1 (April 30, 2021). https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34.

Putri, Nady. “Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pegenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1, no. 2 (2012).

Ramli, Muhammad. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2012.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sari, Dewi Purnama, and Nurullita Sari. “Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta.” STATMAT : Jurnal Statistika Dan Matematika 3, no. 1 (January 20, 2021). https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788.

Stockwell, Brent R., Melissa S. Stockwell, Michael Cennamo, and Elise Jiang. “Blended Learning Improves Science Education.” Cell 162, no. 5 (August 27, 2015). https://doi.org/10.1016/j.cell.2015.08.009.

Sukmawati, R. Ati, Muhammad Ridhani, M. Hifdzi Adini, Mitra Pramita, and Delsika Pramata Sari. “Metode Drill and Practice dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif.” Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, April 2021. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/23882.

Suparman, and M. Atwi. Desain Instruksional Modern: Panduan Para Penajar Dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2012.

Taslim, Zailan. “Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Pembelajaran Drill.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 13, no. 2 (November 26, 2020). https://doi.org/10.33369/pgsd.13.2.140-145.

Tyas, Ni’mah Mulyaning. “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2016.

Widiyanti, Ifa Seftia Rakhma, and Zane Arista. “Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Multimedia Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD.” Prosiding SNasPPM 5, no. 2 (May 29, 2021). https://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/475.

Wulandari, Ni Nyoman Ayu, and Gusti Ngurah Sastra Agustika. “Efikasi Diri, Sikap Dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung Dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 2 (July 15, 2020). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812.

Yuanta, Friendha. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 02 (February 5, 2020). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tiara Yuliarsih, Andi Prastowo, Vina Tamarin, Gongma Sari Siagian, Hendarti Suprobo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303