Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong)

Kharisma Romadhon, Mohamad Agung Rokhimawan, Irfan Irfan, Noor Alfi Fajriyani, Yusuf Rendi Wibowo, Diah Retno Ayuningtyas

Abstract


Dalam penelitian ini akan dianalisis persiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum otonom. Kurikulum otonom masih membutuhkan banyak pelatihan dan pengetahuan tambahan, terutama persiapan untuk adaptasi teknologi, yang membutuhkan pemahaman literasi digital baik dari instruktur maupun siswa. Metodologi penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dengan kerangka deskriptif. Studi ini dilakukan di lokasi SD Negeri 1 Ulak Kedondong, sedangkan informan pada penelitian ini adalah pendidik dan kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diambil di penerapan merdeka belajar pertama-tama melakukan assessment awal guna untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Dalam kegiatan belajar proses yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kemudian hal yang perlu dipersiapkan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah ini di antaranya materi ajar, pembelajaran berdiferensiasi, bahan ajar yang berupa buku dan modul, dan lain sebagainya.


Keywords


Analisis, Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aan Widiyono & Izzah Millati. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0.” JET: Journal of Education and Teaching 2, no. 1 (2021).

Afifatun Nisak, dan Rita Yuliastuti. “Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang.” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika 4, no. 2 (2022): 61–66. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527.

Afista, Yeyen, R. Ali Priyono, dan Saihul Atho Alaul Huda. “Analisis Kesiapan Guru PAI dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar.” Journal of Education and Management Studies 3, no. 6 (2020).

Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum di Indonesia.” Nur El-Islam 1 (2014): 48–58.

Andiyanto, Tri. “Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013: Studi Pada Tk Mentari Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2017): 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.790.

Anggila, Wingsi. “Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur,” 2022.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Anridzo, Abdul Khafid, Imron Arifin, dan Dwi Fitri Wiyono. “Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8812–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990.

Ansumanti. “Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.” JPT : Jurnal Pendidikan Tematik 3, no. 3 (2022): 1–6.

Anwar, Rosyida Nurul. “Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency.” Indonesian Journal of Community Research & Engagement 1, no. 01 (2022): 52–58.

Aprima, Desy, dan Sasmita Sari. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no. 1 (2022): 95–101.

Ariyana, Ariyana. “Analisis Bahasa Pijin pada Iklan Pertelevisian Indonesia.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2, no. 1 (2019): 118–31. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.331.

Barlian, Ujang Cepi, Siti Solekah, dan Putri Rahayu. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Educational and Language Research 1, no. 12 (2022). https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Basyiruddin, Mirza, Rukayah, dan Roemintoyo. “Teaching Strategies as a Powerful Hidden Curriculum: A Review Study” 397, no. Icliqe 2019 (2020): 765–69. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.096.

Darmanah, Garaika &. Metodologi Penelitian. Lampung: CV. Hira Tech, 2019.

Darmawan, Ade. “Pembelajaran Konstruktivisme dalam Interaksi Pembelajaran Rasulullah Saw Bersama Para Sahabat,” 2020.

Desi Wahyuningsari, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febrianti Kusumawardani, Intan Permatas Sari. “Pembelajaran Berdiferesiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 4 (2022).

Erwinsyahbana, Tengku, dan Ramlan. “Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Hukum dalam Persfektif Filsafat Konstruktivis.” Jurnal Universitas Borneo Tarakan 1, no. 1 (2017): 1–19.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fitria Nurulaeni & Aulia Rahma. “Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika.” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2022).

I Made Laut Mertha Jaya. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia, 2020.

Ihsan, Muhammad. “Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Seri Publikasi Pembelajaran 1, no. 1 (2022): 37.

Kusumastuti, Adhi, dan Ahmad Mustamil K. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019.

Magdalena, Ina, dan Pinkan Ayu Ningsih. “Menganalisis Pelaksanaan Evaluasi Formatif Siswa di MI Nurul Huda Kota Tangerang.” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. November (2020): 487–95.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2015.

Mastuti, Maya, Ajeng Gelora, Abdillah, dan Rumodar. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM) 6, no. 5 (2022).

Mata, Liliana. “Key Factors of Curriculum Innovation in Language Teacher Education.” International Journal of Educational and Pedagogical Sciences 6, no. 6 (2012): 1222–31.

Muhammedi, Muhammedi. “Perubahan Kurikulum di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal.” Jurnal Raudhah 4, no. 1 (9 Juni 2016). https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61.

Mulyadi, Mohammad. “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 15, no. 1 (2019): 128–38.

Munte, Alfonso. “Philosophy of Giorgio Agamben-Homo Sacer’s on the Independent Curriculum for Learning in Indonesia: Critical Reflection.” International Seminar Commemorating the 100th Annniversary of Tamansiswa 1, no. 1 (2022): 464–68.

Noor, Zulki Zulkifli. “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi,” 2015.

Nurdin, Ismail, dan Sri Hartati. Metodologi Penelitian Sosial, 2019.

Nurdin, Syfruddin. “Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 140–47. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.305.

Nurwiatin, Neng. “Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 9, no. 2 (2022).

Purnawanto, Ahmad Teguh. “Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pedagogy 20, no. 1 (2022): 75–94.

Rachman, Fazli, Ryan Taufika, Maryatun Kabatiah, Abdinur Batubara, Febri Fajar Pratama, dan T Heru Nurgiansah. “Pelaksanaan Kurikulum PPKN pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 5682–91. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743.

Rahmadayanti, Dewi, dan Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022).

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, & Asep Herry Hernawan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022).

Rezaldi, Mohammad Rizky. “Penerapan Strategi dan Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sejarah Abad 21,” 2022, 1–6.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2018): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rosidah, Cholifah Tur, Pana Pramulia, dan Wahyu Susilonigsih. “Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 12, no. 1 (2021).

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. disunting oleh Abdul Rofiq. Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2021.

Sandu Siyoto & M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Septiana, Ayu Rizki, dan Moh. Hanafi. “Pemantapan Kesiapan Guru Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 3 (2022).

Sugrah, Nurfatimah Ugha. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains.” Humanika 19, no. 2 (2020): 121–38. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.

Sukraini, Krisma Natalia & Niwayan. “Pendekatan Konsep ‘Merdeka Belajar’ dalam Pendidikan Era Digital.” Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, no. 3 (2021): 22–34.

Sustiyo Wandi  Tri Nurharsono, Agus Raharjo. “Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang.” Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations 2, no. 8 (2013): 524–35.

Tegor, Alpino Susanto, dan Dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Boyolali: Penerbit Lakeisha, 2020.

Windasari, Windasari, Erny Roesminingsih, dan Syunu Trihantoyo. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2022): 99–110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.