Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Putri Jannati, Faisal Arief Ramadhan, Muhamad Agung Rohimawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam pengimplementasiaan kurikulum merdeka belajar di SDN Negeri Timbang Langsa. Penelitian ini dirasa penting karna peran guru penggerak sangat berpengaruh dalam implementasi kurikulum merdeka. Guru penggerak seperti namanya memiliki peran untuk menggerakkan pembelajaran dan mencontohkan bagaimana kurikulum merdeka diimplementasikan dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penggerak, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara.  Hasil penelitian terdapat 6 peran guru penggerak dalam pengimplementasiaan kurikulum merdeka belajar. Pertama, guru berperan sebagai penggerak komunitas, kedua guru sebagai agen perubahan, Ketiga, guru pencipta wadah diskusi dan kolaborasi, Keempat,, guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, kelima, guru wajib mengembangkan diri lewat seminar, keenam, guru menjadi motivator dalam kelas.


Keywords


guru penggerak, implementasi, kurikulum merdeka belajar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdullah. “Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2017): 45–62.

Andriani, Astri Dwi, Rohmat Awaludin, Iqbal Amar Muzaki, Hadi Pajarianto, Irfan Sophan Himawan, Isnawati Nur Afifah Latif, Rico Setyo Nugroho, dan M. Imaduddin. Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi. TOHAR MEDIA, 2022.

Arianti, Arianti. “Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019): 117–34.

Arjomandi, Amir, Juergen Heinz Seufert, Martin J. O’Brien, dan Sajid Anwar. “Active teaching strategies and student engagement: A comparison of traditional and non-traditional business students,” 2018.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. XI No. 1 (2011).

Call, Kairen. “Professional teaching standards: A comparative analysis of their history, implementation and efficacy.” Australian Journal of Teacher Education 43, no. 3 (2018): 93–108.

Creswell, John W. “Keterampilan Esensial Untuk Peneliti Kualitatif.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Dini, Guru Pendidikan Anak Usia. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Pengembangan Diri,” 2022.

Guarte, Jacqueline M., dan Erniel B. Barrios. “Estimation under purposive sampling.” Communications in Statistics-Simulation and Computation 35, no. 2 (2006): 277–84.

Herwina, Wiwin. “Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (2021): 175–82.

Insani, Farah Dina. “Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 1 (2019): 43–64.

Julia, J., Herman Subarjah, M. Maulana, Atep Sujana, I. Isrokatun, Dadan Nugraha, dan Dewi Rachmatin. “Readiness and Competence of New Teachers for Career as Professional Teachers in Primary Schools.” European Journal of Educational Research 9, no. 2 (2020): 655–73.

Kayati, Afiyah Nur. “Kolaborasi Guru dalam MGMP Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Unggulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.” SYAIKHUNA: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 11, no. 1 (2020): 31–47.

Lubis, Sarmadhan. “Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2, no. 2 (2017): 189–205.

Manizar, Elly. “Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar.” Tadrib Vol. 1 No. 2 (2015).

———. “Peran guru sebagai motivator dalam belajar.” Tadrib 1, no. 2 (2015): 204–22.

Mohune, Mohamad Natar, Rusmin Husain, dan Irvin Novita Arifin. “Urgensi Komunitas Praktisi dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan.” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5”., 2021.

———. “URGENSI KOMUNITAS PRAKTISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERMASALAHAN PENDIDIKAN.” Dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 2022.

Montessori Jr, Mario M. “Education for Human Development: Understanding Montessori.,” 1976.

MRD, MISBAH. “PEMBERANGKATAN PENGANTIN YANG MEMAKAI PAKAIAN HAJI MENURUT HUKUM ISLAM.” Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi 8, no. 1 (2022): 75–87.

Mubarok, Ramdanil. “Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).” Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai 2, no. 01 (2022): 19–32.

P1. Wawancara P1 Terkait Guru Penggerak, 18 Desember 2022.

———. Wawancara P1 Terkait Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Timbang Langsa, 18 Desember 2022.

P2. Wawancara P2 Terkait Peran Guru Penggerak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka, 18 Desember 2022.

Pohan, Sarah Azhari, dan Febrina Dafit. “Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1191–97.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, dan I. Ketut Suar Adnyana. “Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (2022): 238–44.

Rahmadayanti, Dewi, dan Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7174–87.

Richardo, Rino. “Program guru pembelajar: Upaya peningkatan profesionalisme guru di abad 21.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2016.

Sari, Wann Nurdiana, Pendit Gustanu, Muhamad Suprayitno, Ratna Etriya, dan Clarisa Ayu Aprilia. “Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 8 (2022): 2795–2800.

Sedana, I. Made. “Guru dalam peningkatan profesionalisme, agen perubahan dan revolusi industri 4.0.” Jurnal Penjaminan Mutu 5, no. 02 (2019): 179–89.

Seikkula-Leino, Jaana. “A review of entrepreneurship education in teacher education.” Malaysian Journal of Learning and Instruction 15, no. 1 (2018): 105–48.

Sholikhah, Amirotun. “Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 10, no. 2 (2016): 342–62.

Sibagariang, Dahlia, Hotmaulina Sihotang, dan Erni Murniarti. “Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan Vol. 14. No. 2 (2021).

Suhandi, Awalia Marwah, dan Fajriyatur Robi’ah. “Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 5936–45.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 5 (2022).

Suryaman, Maman. “Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar.” Dalam Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28, 2020.

Sutikno, Agus. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Diri.” Dalam Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY (1), 45–57, 2018.

Syaparuddin, Syaparuddin, dan Elihami Elihami. “Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video pada pembelajaran PKN di sekolah paket c.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2019): 187–200.

Tohir, Mohammad. “Merdeka Belajar: Kampus Merdeka,” 2020.

Trinova, Zulvia. “Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik.” Al-Ta Lim Journal 19, no. 3 (2012): 209–15.

Wulandari, Diana. “Model pembelajaran yang menyenangkan berbasis peminatan.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 6, no. 2 (2016): 851–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.