Perbedaan Sikap Bahasa Mahasiswa Perempuan dan Laki-Laki Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia

Herlinda Herlinda

Abstract


Penguasaan bahasa dapat diperoleh secara alamiah dan ilmiah. Penguasaan bahasa juga dipengaruhi oleh sikap bahasa seseorang. Perbedaan penggunaan bahasa antara perempuan dan laki-laki dilihat dari karakteristik perbedaan sikap pada berbahasa. Pada penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan perbedaan sikap bahasa (language attitude) bagi mahasiswa perempuan dan laki-laki di Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terhadap kemampuan berbahasa Indonesia. Adapun masalah pada penelitian ini merupakan apakah terdapat perbedaan sikap bahasa (language attitude) mahasiswa perempuan dan laki-laki di Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dipilih karena pada penelitian ini untuk mengukur perbedaan sikap bahasa mahasiswa perempuan dan laki-laki Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau diperlukan data angka-angka, yang berupa skor dari skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan sebagai berikut pertama sikap bahasa mahasiswa perempuan pada kemampuan berbahasa Indonesia bisa dikategorikan menjadi sikap bahasa yang baik. Kedua, sikap bahasa mahasiswa laki-laki pada kemampuan berbahasa Indonesia bisa dikategorikan menjadi sikap bahasa yang baik. Ketiga, berlandaskan hasil uji-t dua sampel, adanya perbedaan sikap bahasa antara mahasiswa perempuan dan laki-laki pada kemampuan berbahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer Dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Achadiati Ikram. (2009). Sejarah Kebudayaan Indonesia Bahasa, Sastra, dan Aksara. PT Rajagrafindo Persada.

Bach Bartram. (2010). Attitudes to Modern Foreign language Learning: Insights from Comparativ Education. Continuum International Publishing Grup.

I Nengah Suandi. (2014). Sosiolinguistik. In Graha Ilmu (Vol. 1). Graha Ilmu.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Marsudi dan Siti Zahrok. (2005). Kesetiaan Berbahasa Indonesia Dipertanyakan di Era Globalisasi. Sosial Humaniora, 59, 96–144.

Oppermann K. Weber. (1995). Frauensprache-Mannersprache. Die verschiedenen Kommunikationsstile von Mannern und Frauen. In Zurich (Vol. 2). Orell Fussli Verlag.

Partana, S. dan P. (2002). Sosiolinguistik. In Pustaka pelajar (Vol. 6, Issue 2). Pustaka pelajar. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1840

Pateda, M. (1990). Sosiolinguistik (Issue 6). Angkasa.

S Eko Putro Widoyoko. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (K. Suhardi (ed.)). Pustaka Al-Kautsar.

Santoso, S. (2014). Statistik-Studi Pengajaran. Elex Media Komputindo.

Spolsky, B. (1998). Sociolinguistics. Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Herlinda Herlinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303