Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran ISMUBA di Sekolah Muhammadiyah Kota/Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bogor dan Depok (Regional 2) Jawa Barat

Triwidyastuti Triwidyastuti, Arif Yudianto, M. Thariq Aziz, Angga Maulana, Mutiara Shinta Kusmayadi, Maya Febranti

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Ismuba di Sekolah Muhammadiyah Regional 2 Jawa Barat dalam pembuatan video pembelajaran berbasis digital. Pelatihan ini merupakan upaya menjawab tantangan era digital dan mendukung penerapan kurikulum baru Ismuba berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang holistik dan integratif. Metode yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) melalui workshop, pelatihan, dan pendampingan pembuatan video. Kegiatan melibatkan guru-guru dari Sukabumi, Cianjur, Bogor, dan Depok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran, meningkatkan efektivitas, kreativitas, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Pengabdian ini berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya dalam inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital. Program ini diharapkan mampu mendorong guru menjadi lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, efektif, dan bermakna.


Keywords


Video Pembelajaran, Media Digital, ISMUBA, Inovasi Pendidikan, Guru Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Andini, Titania Dwi, Abdullloh Eizzi Irsyada, Setyorini Setyorini, Jaenal Arifin, dan Rina Dewi Indahsari. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran dengan Memanfaatkan Smartphone Android di SDN Mojosari Kepanjen.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1217.

Aryani, Diah, Syahrizal Dwi Putra, Noviandi Noviandi, Nenden Siti Fatonah, Hani Dewi Ariessanti, dan Habibullah Akbar. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR).” Jurnal Abdidas 3, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.728.

Aulia, Muhammad Immawan, Panggah Widiandana, Rizky Andhika Surya, dkk. “CapCut untuk Pendidikan: Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif bagi Guru SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 2, no. 6 (2024). https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i6.1130.

Effendy, Veronikha, Muhammad Johan Alibasa, dan Anisa Herdiani. “Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Video Ajar Dengan Capcut.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5981.

Haryadi, Rudi, dan Sekar Nurfitta Kinanti. “Development Of Video-Based Teaching Materials for Students Or Educational Levels Of High School And Below.” EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika 7, no. 2 (2022). https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21778.

Huda, Achmat Nurur. “Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.” Jurnal Tarbiyatuna 9, no. 2 (2018). https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v9i2.2414.

Ikhsan, Ali Nur, Alif Nur Fadilah, dan Imun Faizal. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Canva Di SMK Negeri Kebasen.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15211.

Lestari, Sri. “Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (2022): 71–77. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6458.

Muhdiyatmoko. Membumikan Kurikulum Baru Ismuba. (Solo), 14 Juni 2024. https://muhammadiyahsolo.com/20240614/menyoal-kurikulum-baru-ismuba-6063.

Nirmala, Sri Dewi, Astri Dwijayanti Suhandoko, Sendi Ramdhani, dkk. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menunjang Teacher Professional Development of Learning.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 8, no. 2 (2024). https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21601.

Nurlina, Laily, dan Akhmad Fauzan. “Pelatihan Pembuatan Video Ajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring.” ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1260.

Oktaviani, Risqa Tri. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat).” MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan 5, no. 1 (2019). https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728.

Putra, Ade Dwi, Yuri Rahmanto, Muhammad Najib Dwi Satria, dan Ida Bagus Suwisma. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. 4, no. 1 (2023).

Septiana, Nurul, Mukhlis Rohmadi, M Redha Anshari, dan Afifah Nurul Humam. Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangkaraya. Jurnal Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2022).

Sulaeman, A, Dhi Bramasta, dan M Makhrus. “Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA).” Jurnal Literasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i2.34.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.5398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Triwidyastuti, Arif Yudianto, M. Thariq Aziz, Angga Maulana, Mutiara Shinta Kusmayadi, Maya Febranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License