Pengenalan Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya dengan Media Poster di TPA Sholawat Ummi

Siti Norhidayah, Salsabila Hady Ningsih, Hadma Yuliani

Abstract


Menanamkan pemahaman tentang keimanan kepada malaikat merupakan bagian penting dalam pendidikan agama Islam bagi anak-anak. Namun, konsep ini sering kali sulit dipahami karena sifatnya yang abstrak. Oleh karena itu, penggunaan media visual seperti poster dapat membantu anak-anak memahami materi dengan lebih mudah dan menarik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan nama-nama malaikat beserta tugasnya kepada anak-anak di TPA Sholawat Ummi dengan menggunakan media poster sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Service Learning (SL) yang terdiri dari empat tahapan utama: 1) Perencanaan dan persiapan, 2) Pelaksanaan kegiatan, 3) Refleksi, dan 4) Evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas anak-anak mampu mengingat dan memahami nama-nama malaikat beserta tugasnya dengan lebih baik setelah menggunakan media poster. Berdasarkan evaluasi, sebanyak 80% anak dapat menjawab pertanyaan dengan benar, meningkat dibandingkan sebelum penggunaan media poster yang hanya mencapai 75%. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap salah satu rukun iman serta menunjukkan bahwa media visual dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran agama di TPA.


Keywords


Pengenalan, Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Media Poster

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Afrianto, Lutfi Almadani, and Hadma Yuliani. “Penggunaan Media Kartu Dalam Mengenalkan Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya Di TPA Al-Firdaus.” KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.58218/kreasi.v4i1.853.

Anwar, Syifa Fauziyah, and Esya Anesty Mashudi. “Edukasi Peningkatan Literasi Finansial Kepada Anak Usia Dini Melalui Poster.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 9, no. 2 (2023). http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.21777.

Aprillia, Rita, Entin Daningsih, and Titin Titin. “Kelayakan Media Pembelajaran Poster Kandungan Gizi Apel yang Diperjualbelikan di Kota Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 5, no. 11 (2016). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i11.17393.

Azzahra, Nurma Annisa, Hardika Hardika, and Dedi Kuswandi. “Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11917.

Dianto, Dianto. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Minat Belajar IPS Melalui Media Visual Pada Siswa SD.” Jurnal Insan Cendekia 3, no. 2 (2022). https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v3i2.80.

Fadillah, Reski. “Pengembangan Kuis Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 13 Makassar.” Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication 3, no. 2 (2023).

Hafidz, Nur, Bastian, Abda Billah Faza Muhammadkan, and Hasyim Wibowo. “Pengenalan Rukun Islam Untuk Anak Dalam Hadis Di Era Digital.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5555.

Hidayat, Fahrijal Taufik, Faujiyah Faujiyah, Fathiyah Fathiyah, et al. “Penguatan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Rukun Iman Dan Islam Di MDTA Al-Jauharotunnaqqiyyah Link. Kedung Baya.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2, no. 6 (2024). https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i6.623.

Hikmah, Nurul, Surawan Surawan, Muhammad Redha Ansari, Endah Endah, and Muslimah Muslimah. “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT Di SMP Muhammadiyah Palangka Raya: Training for Increasing Teachers’ Competence in Making IT-Based Learning Media at SMP Palangka Raya Muhammadiyah.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 5 (2022). https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3175.

Jamaludin, Mohammad, Nabilla Hapsah, Lina Wati, Dinda Adzmilia Fitri, and Ahmad Fikriadi. “Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ Dan Media Visual Di TPA Nurul Iman Desa Luwuk Kiri.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 12, no. 3 (2023). https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i3.42255.

Jennah, Rodhatul, Surawan Surawan, and Muhammad Yusuf. “Teacher’s Innovation in Class Management To Increase Student Learning Motivation in Pandemic Era.” Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3059/Insis.V3i1.9675 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.3059/insis.v3i1.9675.

Malisi, M. Ali Sibram, Fauziyah Fauziyah, and Surawan Surawan. “Internalization of Faith Educational Value in the Humanistic Perspective Riko Animation Series.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.3095.

Muharni, Lica Perta Juliyas, Vingky Zulfa Asria, Rini Hardiyanti Ali, Sahrul Sahrul, and Novita Sari. “Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di SMK Global Pekanbaru.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 10 (2024). https://doi.org/10.62281/v2i10.863.

Niska, Bakhiti, and Jandut Gregorius. “Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya 1, no. 2 (2013). https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1282.

Norhidayah, Siti, Salsabila Hady Ningsi, and Hadma Yuliani. “Survey of Web Media Needs With Canva on PAI At The Senior High School Level.” Jurnal Amal Pendidikan 5, no. 3 (2024). https://doi.org/10.36709/japend.v5i3.161.

Nurfadillah, Septy, Tio Saputra, Tasya Farlidya, Sihury Wellya Pamungkas, and Raihan Fadhlurahman Jamirullah. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi ‘Perubahan Wujud Zat Benda’ Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang.” Nusantara 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1282.

Nurhayati, Nurhayati, Nurhaeming Sudamara, Amrullah Amrullah, and Durrotunnisa Durrotunnisa. “Pengembangan Pengenalan Nilai Keagamaan dan Akhlak pada Masa Golden Age: Melibatkan Kegiatan Bernyanyi Religi dalam Pembelajaran Anak.” Jurnal Al-Thariqah 9, no. 1 (n.d.). https://doi.org/10.25299/althariqah.v9i1.15824.

Nurhidayati, Voni Nurhidayati, Fitra Ramadani, Fika Melisa, and Desi Armi Eka Putri. “Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa.” Jurnal Binagogik 10, no. 2 (2023). https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Nurwanti, Tina, and Reza Syehma Bahtiar. “Kajian Literatur tentang Manfaat Media Pembelajaran Poster Pada tema ‘Benda Disekitar Ku’ Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas III di SDN Dukuh Kupang 5 Surabaya.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2024). https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.2803.

Polanda, Danil, Ronal Watrianthos, and Iwan Purnama. “Perancangan Kuis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran di SMK Swasta Al-Azis.” Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu 5, no. 2 (2017). https://doi.org/10.36987/informatika.v5i2.726.

Purnamasari, Mita, and Usep Setiawan. “Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Gambar Di TPA Kampung Tagal Heas Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 3, no. 2 (2023). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i2.479.

Putra, Andhy Akbar Asmara, and Wili Astuti. “Stimulasi Membaca Anak Usia Dini Dengan Media Poster.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 5 (2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4887.

Putri, Lulu Rafika. “Persepsi Pemberian Kuis Interaktif sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran.” Jurnal Medika Hutama 3, no. 1 (2021).

Rahmaniati, Rita. “Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V B SDN 6 Langkai Palangka Raya.” Pedagogik Jurnal Pendidikan 10, no. 2 (2015).

Rhamdani, Putri Asriani, Rianti Fatunnisa, Rizky Fathurrahman, and Safira Windi Wardati. “Penerapan Iman Kepada Malaikat Pada Kehidupan.” 22 (2023). https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/.

Sari, Syti Mayang, Muhammad Riduan Harahap, and Ahmad Ridwan. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (2023). http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16903.

Sartika, Lydia and Yusniarti, Yusniarti. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Jurnal Al Athfaal 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.62214/jalfal.v1i1.36.

Sirait, Jannes Eduard. “Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara.” Diegesis : Jurnal Teologi 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.46933/DGS.vol6i149-69.

Sukatin, Sukatin, Elis Rahmayeni Zulhizni, Siti Tasifah, et al. “Pendidikan Anak dalam Islam.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 (2020). https://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7345.

Suryani, Ira, Hasan Ma’tsum, Nora Santi, and Murali Manik. “Rukun Iman Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Islam & Contemporary Issues 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.7.

Tsabitah, Nisa, and Nila Fitria. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Tangerang.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563.

Umrah, Sitti. “Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik dalam Menghafal Nama-Nama Malaikat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Make A Match.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 4 (2022).

Wahyuni, Sri, and Nur Haryanti. “Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital.” Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 7, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974.

Wahyuningrum, Isnaaini, Arum Emilia Salikha, and Isna Rahmawati. “Penerapan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP) 02, no. 01 (2024). https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/227.

Yohana, Fenti Mariska, Heppy Atma Pratiwi, and Khikmah Susanti. “Penerapan Metode Role Play Storytelling Dengan Menggunakan Media Poster Pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual.” Magenta | Official Journal STMK Trisakti 3, no. 01 (2019). https://doi.org/10.61344/magenta.v3i01.43.

Zaenulloh, Muhammad Rizal. “Tinjauan Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.” AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (2024). https://doi.org/10.63018/jpi.v2i01.21.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.5012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Norhidayah, Salsabila Hady Ningsih, Hadma Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat

index by:

          

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License