Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Program Tahfidzul Qur’an Juz 30 di SDIT Annida Qolbu Kota Sampit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses penanaman nilai-nilai religius melalui program Tahfidzul Qur'an Juz 30 di SDIT Annida Qolbu, Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan berbasis agama untuk membentuk karakter siswa yang religius, terutama di tengah tantangan globalisasi dan kemerosotan moral anak-anak. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode lapangan (field research) untuk memahami fenomena secara mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian terdiri atas 8 siswa terbaik, 2 guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan ketua yayasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius yang ditanamkan mencakup ibadah, ruhul jihad, keteladanan, akhlak, kedisiplinan, amanah, dan ikhlas, yang dilaksanakan melalui kegiatan muroja`ah, bin nadzhar, dan ziyadah. Faktor pendukung meliputi dukungan yayasan dan fasilitas sekolah yang memadai, sementara hambatan utama adalah kurangnya komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan religius dalam membentuk karakter siswa melalui program Tahfidzul Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, Herman. “Corak Pemikiran Syekh Musthafa Al-Ghalayain, Nilai-Nilai pendidikan Karakter dan Relevansinya dalam Kehidupan (Tela’ah Kitab ’Izhatun Nasyi’in).” Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari, 2023.
Departemen Pendidikan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Fathiya, Kartika Nur. “Problem, Dampak, dan Solusi Transformasi Nilai-Nilai Agama pada Anak Prasekolah.” Dinamika Pendidikan, no. 1, th. XIV (2007): 102–3.
Hafidz, Muhammad. Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang, 2017.
M. Yunus Badruzzaman dkk. Model Pengelolaan Pesantren Tahfidz Al-Qur’an (Desain dan Implementasi Program Tahfidz di Pesantren. Cirebon: Lp21 IAI Bunga Bangsa Cirebon, 2019.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2011.
Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Nurfadhilah, Anisa, Imam Tabroni, Sekar Nanda Septiani, dan Yustika Nur Destiyani. “Talqin Method: Quality Improving of Reading the Qur’an.” International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation 1, no. 3 (2023): 82.
Priyanto, Muhammad Agung. Penanaman Nilai-Nilai Religius melalui Kegiatan Keagamaan pada Jamaah di Masjid Fatimatuzzahra Grendeng Purwokerto. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2018.
Putra, Muhammad Syah. Mudah & Praktis Menghafal Juz Amma dan Asmaul Husna. Surabaya: Quntum Media, 2015.
Rauf, Abdul Aziz Abdul. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Bandung: Syaamil Cipta Media, 2004.
Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Sudrajat, Suhud. Pembelajaran Tahfidz Juz Amma Kelas V di MI Darussalam Sibrami Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2015.
Sulistiyani, Irma. Penanaman Nilai-Nilai Religius melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa di SMP PGRI 1 Sempor Kebumen. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Purwokerto, 2017.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992.
Widodo, Wahyu. Peningkatan Nilai Religius dan Aplikasinya melalui Program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Ahmad Dahlan Siman Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2022.
Wulandari, Yeni, dan Muhammad Kristiawan. “Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 2, no. 2 (2017): 290.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mahjiatul Hana Riski Wulandari, Najminnur Hasanatun Nida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License