Pendidikan Islam Transdisipliner (Perspektif Filsafat Islam dan Barat)

Rahmah Rahmah, Raihanah Raihanah, Irfan Noor, Muhammad Iqbal Noor

Abstract


Pendidikan adalah pilar fundamental dalam pembangunan masyarakat dan peradaban. Dalam konteks Pendidikan Islam, upaya untuk menyelaraskan nilai-nilai agama dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menjadi suatu tantangan yang tak terhindarkan. Pendekatan transdisipliner, yang mengintegrasikan pemahaman dari berbagai disiplin ilmu, muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam merespons kompleksitas tuntutan pendidikan masa kini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Pendidikan Islam Transdisipliner dari sudut pandang Filsafat Islam dan Barat. Melalui penelusuran pemikiran dari kedua tradisi ini, diharapkan dapat ditemukan titik temu dan harmoni, sehingga menciptakan suatu model pendidikan yang mampu menghadirkan solusi bagi kompleksitas tantangan zaman. Artikel  ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian mengunakan studi literatur. Sumber data dan bahan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai referensi artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal dan buku. Berdasarkan penggalian terhadap data dari beberapa sumber yang digunakan didapatkan hasil bahwa Pendidikan transdisipliner dalam Filsafat Islam menekankan pentingnya transmisi pengetahuan dan keterampilan yang esensial, pengembangan karakter moral dan spiritual, serta integrasi antara ilmu dan agama, sedangkan Filsafat Barat menekankan pentingnya transmisi pengetahuan dan keterampilan yang esensial, pengembangan karakter moral dan spiritual, serta kebutuhan dan minat individual siswa. Dari dua pandangan tersebut pendidikan Islam Transdisipliner dapat diwujudkan melalui: 1)Pendidikan Holistik: mengintegrasikan materi pelajaran agama dengan materi pelajaran umum, 2) Pendidikan kontekstual: Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat transdisipliner, 3) Pendidikan berbasis masalah: Membangun kurikulum yang berbasis pada masalah.

Keywords


Pendidikan Transdisipliner, Filsafat Islam, Filsafat Barat

Full Text:

PDF

References


Adler, M.J. The Paideia Proposal: An Educational Manifesto. New York: Macmillan, 1982.

Anggraini, P., Tjahjono Suyatno, dan B. Yohanes. “Pentingnya Kajian Futuristik: Pengujian Rekonstruksi Teori Baru Menuju Transdisipliner.” Jurnal Filsafat Indonesia 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.52008.

Azmi, F., I. Mz, A. Asrul, S. Sagala, dan N.S. Chaniago. “Pendidikan Islam Transdisipliner dan Sumber Daya Manusia di Madrasah Negeri Batu Bara.” Journal on Education 5, no. 4 (2023).

Batmang. “Pendekatan Transdisipliner (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan.” Al-Ta’dib 9, no. 2 (2016): 44–54.

Dewey, J. Democracy and Education. New York: Macmillan, 1916.

Freire, P. Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum, 1970.

Hasan, H. Makalah Seminar: Transdisciplinarity Dalam Pendidikan Dengan Referensi Khusus Pada Kurikulum. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2007.

Hutchins, R.M. The Great Conversation: The Substance of a Liberal Education. Chicago: University of Chicago Press, 1952.

Maritain, J. The Education of Man. New York: Scribner, 1961.

Montessori, M. The Absorbent Mind. New York: Dell, 1964.

Piaget, J. The Psychology of Intelligence. New York: Routledge, 1950.

Putra, Purniadi. “Transdisiplinaritas Dalam Pendidikan Islam.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 17, no. 2 (2019). https://doi.org/10.24042/ajsk.v17i2.1951.

Qomar, M. Pendidikan Islam Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. Malang: Madani Media, 2023.

Sahaludin, Ah, dan Iwan Kurniawan. “Paradigma Transdisiplineritas dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara 1 (2020).

Shor, I. Critical Teaching and Everyday Life. Boston: South End Press, 1980.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmah Rahmah, Raihanah, Irfan Noor, Muhammad Iqbal Noor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303