Manajemen Akreditasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Bunayya Islamic School Curup

Anggi Mantara, Nuzuar Nuzuar, Deri Wanto, Sumarto Sumarto, Murni Yanto

Abstract


Akreditasi menjadi salah satu aspek yang penting dalam pelaksanaan pendidikan di lingkungan sekolah yang menjadi salah satu upaya peningkatan mutu. Pentingnya akreditasi dalam lingkungan pendidikan ini tentunya melatarbelakangi pentingnya manajemen menjadi salah satu kuncinya. Maka dari itu dibutuhkan manajemen yang baik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen yang dilaksanakan di MTs Bunayya Islamic School dalam akreditasi dalam peningkatan mutu. Pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif adalah metode yang digunakan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, pengelompokan data dan penarikan kesimpulan. Data diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Proses Akreditasi di MTs Bunaya Islamic School dimulai dari perencanaan akreditasi, pengorganisasian akreditasi, pelaksanaan   akreditasi   madrasah, serta pengawasan   akreditasi   madrasah   di   MTs   Bunayya Islamic School dilakukan oleh kepala madrasah. Akreditasi ini MTs Bunayya Islamic School mendapatkan nilai 86 dengan predikat akreditasi B. Dampak akreditasi secara internal adalah guru–guru mempunyai kesadaran untuk meningkatkan kompotensi yang dimilikinya. Dampak secara eksternal dengan adanya proses akreditasi adalah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah bertambah.

Kata Kunci: Manajemen Akreditasi, Peningkatan Mutu


Keywords


Manajemen Akreditasi, Peningkatan Mutu

Full Text:

PDF

References


Ahyani, Hisam, Agus Yosep Abduloh, and Tobroni Tobroni. 2021. “PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management.

Akip, Muhammad, and Kamsi Nurlila. 2021. “Madrasah Sebagai Output Dikotomisasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” El-Ta`dib 1(2).

Anggreni, Minatul. 2021. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan.” Jurnal PTK dan Pendidikan.

Asha, Lukman. 2019. “Peran Dewan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Rejang Lebong.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan.

Astenia, Dewi, Rugaiyah, and Neti Karnati. 2020. Journal of Chemical Information and Modeling Evaluasi Pelaksanaan Program Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Badarwan, Badarwan, and Rustang Rustang. 2021. “Strategi Pengembangan Dalam Pengelolaan Madrasah.” Shautut Tarbiyah.

Chiar, M. 2019. “MANAJEMEN MUTU LAYANAN PADA SEKOLAH MENENGAH.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Depri, Deprizon. 2021. “Supervisi Pendidikan Islam (Supervision of Islamic Education).” JURNAL ISLAMIKA.

Dodi, Limas. 2018. “Nilai Spiritualitas Syyed Hossein Nasr Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4(1): 72–90.

Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. 2021. “Manajemen Pembelajaran.” JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU INDONESIA (JPPGI).

Hakim, Ahmad Rofiq, Abdul Najib, and Farindika Metandi. 2020. “PELATIHAN APLIKASI AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN (IASP 2020) UNTUK SEKOLAH/MADRASAH DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.” In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M),.

J, Meleong. Lexy. 2021. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” http//jurnal.sttsundermann.Ac.Id./Index.Php/Sundermann/article/view/46/30,.

Kristiawan, Muhammad, and Nova Asvio. 2018. “Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanwiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan2 5(1): 86–95.

Latri, I Ketut. 2020. “Efektivitas Pembimbingan Sekolah Melalui Bedah Instrumen Dan Simulasi Akreditasi Dalam Upaya Membantu Mempersiapkan Kreditasi SMP Negeri 2 Bebandem Tahun 2019.” Inovasi Jurnal Guru.

Mantara, Anggi, Jumira Warlizasusi, and Ifnaldi. 2021. “Pengembangan Kompetensi Dan Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 4 Rejang Lebong.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam.

Nadiya. 2021. “Pengembangan Dashboard Instrumen Akreditasi Program Studi Versi 4.0 (IAPS 4.0) Menggunakan Laravel Framework.” Electrician.

Neneng, Fera Lestari, and Ajeng Savitri Puspaningrum. 2021. “Pengembangan Denah Sekolah Untuk Peningkatan Nilai Akreditasi Pada SMA Tunas Mekar Indonesia.” Journal Of Social Sciences and Technologhy for Community Service 2(2).

Nuraeni, Nuraeni, and Endin Mujahidin. 2021. “Landasan Dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education.

Nurmawati, N. 2019. “Peran Pengawas Dalam Mempersiapkan Akreditasi Madrasah.” … Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA ….

Pohan, Sumarto. 2018. “MANAJEMEN SEKOLAH: WUJUDKAN GURU PROFESIONAL.” Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Ramdani, Agus, A. Hari Witono, and Sukardi Sukardi. 2018. “Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

Sumarto, Sumarto. 2019. “PENINGKATAN ASPEK PERENCANAAN UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.

Suprapto, Ribut, and Muhammad Balya Khajjan. 2020. “Pengaruh Perencanaan Terhadap Peningkatan Nilai Akreditasi MTs Al-Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam.

Syamsuddin, Syamsuddin. 2018. “UPAYA MEMBANTU KEPALA MADRASAH MEMPERSIAPKAN AKREDITASI MELALUI PEMANFAATAN HASIL MONITORING STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUL ULUM AMBAHAI KECAMATAN PAMINGGIR KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Wanto, Deri, Abdullah Idi, and Ahmad Jamin. 2018. “Penerapan Non-Corporal Punishment Di Madrasah Aliyah: Studi Kasus Di MAN 1 Sungai Penuh Dan MAN Kemantan Kerinci.” BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3(1): 60–82.

Warlizasusi, Jumira. 2018. “Analisis Perencanaan Strategis, Rencana Strategis Dan Manajemen Strategis STAIN Curup 2015-2019.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan.

Warsah, Idi, and Nuzuar Nuzuar. 2018. “ANALISIS INOVASI ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN (STUDI MAN REJANG LEBONG).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Yanto, Murni, and Irwan Fathurrochman. 2019. “Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Konseling dan Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.