Pendidikan Islam di Indonesia (Kajian Upaya Pemberdayaan Dan Rekonstruksi)

Mohammad Arief

Abstract


Problem utama dalam pendidikan Islam yang sering terjadi adalah berkaitan dengan pemberdayaan sumberdaya manusia dan rekontruksi sistem pendidikan tersebut yang sering tumpang tindih antar satu sistem dengan sistem yang lain. Pada titik inilah dikotomi terjadi akibat kesalahan ketika melakukan rekontruksi tersebut. Pendidikan Islam menjadi sarana dalam mentransferkan nilai-nilai ke-islaman itu sendiri kepada generasi selanjutnya. Hal ini diharapkan bisa membentuk sebuah peradaban bangsa yang unggul dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berasakan Al Qur’an dan hadits sehingga mampu menjawab tantangan jaman. Namun hal itu urung terwujud dikarenakan beberapa permasalahan yang dihadapi, diantaranya lemahnya manajemen dan dikotomis system Pendidikan di Indonesia. Pemberdayaan dan rekonstruksi system Pendidikan Islam diharapkan mampu mewujudkan tujuan Pendidikan Islam yang sebenarnya yang akan membawa umatnya Bahagia di dunia dan akhirat. Tidak hanya itu, juga dapat mengurai dikotomi sehingga tidak ada yang bertentangan dan tumpang-tindih satu dengan yang lain, baik dari pemberdayaan dan rekontruksi pengetahuan sehingga mampu menjadi pendidikan yang berdaya saing global


Keywords


Pendidikan Islam; Dikotomi; Rekonstruksi

Full Text:

PDF

References


Arifin, HM. 1991. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Ma’arif, A Syafii. 1996. “Keutuhan dan Kebersamaan dalam Pengelolaan Pendidikan Sebagai Wawasan Pendidikan Muhammadiyah”. Makalah pada Rakernas Pendidikan Muhammadiyah di Pondok Gede Jakarta.

Muchtar, Hifni. 1992. “Fakta dan Cita-cita Sistem Pendidikan Islam di Indonesia”. Yogyakarta: Jurnal UNUSIA No. 12 Th. XIII, UII.

Sagala, Syaifulah. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Soeroyo. 1991. “Berbagai Persoalan Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia”. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Problem dan Prospeknya, Volume I, Fak. Tarbiyah IAIN Suka.

Suyata. 1992. “Penataan Kembali Pendidikan Islam Pada Era Kemajuan Ilmu dan Teknologi” Yogyakarta: Jurnal UNISIA No. 12 Th. XIII, UII.

Tilaar, H.A.R. “Sistem Pendidikan Nasional yang Kondusif Bagi Pembangunan Masyarakat Industri Modern Berdasarkan Pancasila”. Makalah Utama Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional V.

Usa, Muslih. 1991. Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita-cita dan Fakta (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan



Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303