Penggunaan Virtual Reality Sebagai Sarana Edukasi Dalam Mengenal Kabah Bagi Siswa Kelas 1 SD

Paluvi Andyani, Nida Nur Majidah, Rizky Rindayanu Maulifia, Ani Nur Aeni

Abstract


Di era sekarang, sarana dan prasarana dalam bidang pendidikan sudah banyak yang melibatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran pun mau tak mau semakin beragam dan menyesuaikan dengan perkembangan yang sedang berlangsung. Dalam penelitian kali ini, peneliti memilih media pembelajaran berupa Virtual Reality berbentuk video 360 derajat yang akan dijadikan sebagai media edukasi untuk mengenal Kabah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknologi Virtual Reality atau VR adalah teknologi yang menyajikan tampilan duni maya yang tampak seperti nyata, sehingga penggunanya seolah-olah merasakan apa yang mereka lihat secara asli dan nyata. Dari hasil observasi langsung yang telah dilakukan di SDN Cipetir 3, guru dan siswa kelas 1 SD di sana masih belum mengetahui apa itu VR. Namun setelah melakukan uji coba produk, didapat hasil bahwa Virtual Reality dalam bentuk video 360 derajat dapat dijadikan inovasi baru di bidang Pendidikan dalam memberikan pemahaman pada siswa.


Keywords


Virtual Reality, Media Pembelajaran. Kabah

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. dkk. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia: 2(1) https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Aeni, Ani Nur. Modul: BAB II Teori-teori Perkembangan

Sulistyowati, S., & Rachman, A. (2017). Pemanfaatan teknologi 3D virtual reality pada pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Network Engineering Research Operation, 3(1), 37-44. https://nero.trunojoyo.ac.id/index.php/nero/article/view/71/77

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179/159

Nursanti, D. (2013). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam membentuk karakter Siswa SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2013. https://eprints.uny.ac.id/23960/8/9.%20RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf

Kartika, Dewi Ressi. (2020). Pemanfaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. DOI: 10.33830/jp.v21i1.732.2020

Dimas Wahyu Wibowo, Eka Larasati, A. Ridwan Rismanto. (2021). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Menggunakan Aframe. Jurnal Teknik Ilmu Dan Aplikasi. DOI: 10.33795/jtia.v9i1.13

Erni Mariana, Kusuma Wardany, Novita Novit. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya. DOI: 10.53696/27214834.70

Rosman, W. M., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Media Video 360º dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 117-127.

Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan



Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303