Model Pembelajaran Menyimak Bahasa Indonesia Tipe Hilwah Natiqah Dalam Pengembangan Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Majdi, Hafidzaturrahmi Hafidzaturrahmi, Bahjatun Naziah

Abstract


Karakter Mandiri menjadi salah satu pondasi bagi peserta didik dalam bekalnya menjadi manusia yang tangguh dan unggul. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini yang berkolaborasi dengan pembelajaran menyimak pada materi Bahasa Indonesia SD/MI, kegiatan mendengarkan pada jenjang sekolah dasar dengan maksud menumbuhkan jiwa mandirinya dengan beberapa indikator seperti kemampuan dalam menentukan nasib sendiri, kreatif dan inisiatif, mampu mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, mampu menahan diri, membuat keputusan-keputusan sendiri mampu mengatasi masalah tanpa ada pengaruh dari orang lain. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD di Desa Keramat Kec. Haur Gading Kab. Hulu Sungai Utara dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Objek adalah model pembelajaran menyimak dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi Hilwah Natiqah dalam pengembangan karakter mandiri. Hasil penelitian implementasi strategi Hilwah Natiqah berjalan dengan baik sesuai langkah-langkahnya yang terdiri dari bagian 1) persiapan, 2) pelaksanaan seperti membentuk baris setengah lingkaran, memutar musik, pemilihan siswa yang menjawab, siswa lain menyimak, dan disampaikan. Sedangkan korelasi pendidikan karakter mandiri dengan strategi Hilwah Natiqah terdapat pada beberapa langkah penerapan strategi pembelajaran sesuai dengan indikator pendidikan karakter religius, seperti sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Keywords


Model Pembelajaran Menyimak, Strategi Hilwah Natiqah, Karakter Mandiri.

Full Text:

PDF

References


Budiyono, Moch. Agus Krisno. Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2004.

Deana Dwi Rita Nova, Novi Widiastuti, “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum,” Jurnal Comm-Edu, Vol. 2 No. 2, Mei 2019.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Lickona, Thomas. Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membentu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas Dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Moh Nazir, Metodologi Penelitian, Bogor : Gralia Indonesia, 2011.

Nino Indrianto, Halimatus Sya’diyah, “Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik Pada Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember,” Educare: Journal Of Primary Education, Vol. 1, No. 2, Juni 2020.

Rita Nova, Deana Dwi, Dan Novi Widiastuti. “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum.” Ikip Siliwangi: Jurnal Comm-Edu 2, No. 2, 2019.

Susilawati, Dan Nurhasanah Bakhtiar. Biologi Dasar Terintegrasi. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2018.

Siti Anisatun Nafi’ah, Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd/Mi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif Interaktif Dan Konstruktif, Bandung: Alfabeta, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan



Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303