Kuriositas dalam Al-Qur’an: Studi Qur’an Tematik dengan Pendekatan Grounded Theory
Abstract
Salah satu komponen penting dalam pencarian ilmu adalah rasa ingin tahu, yang terkadang dikenal sebagai keinginan untuk belajar. Gagasan bahwa manusia terdorong untuk bertanya, berpikir, mengamati, dan mencari pemahaman benar-benar hadir dalam banyak kisah Al-Qur'an, meskipun hal itu jarang menjadi subjek studi tafsir Al-Qur'an. Melalui pendekatan tematik (maud'i) dengan menggunakan metodologi Grounded theory, studi ini meneliti berbagai cara rasa ingin tahu diekspresikan dalam Al-Qur'an. Ayat-ayat Al-Qur'an yang berisi arahan untuk berpikir, membaca, dan bertanya, serta peristiwa yang memiliki makna pencarian, seperti kisah para malaikat dan Nabi Adam, perenungan tentang penciptaan, dan perjalanan spiritual Nabi Musa dengan Khidr, merupakan sumber data utama. Prosedur analisis terdiri dari tiga fase: pengkodean terbuka, pengkodean aksial, dan pengkodean selektif. Menurut studi ini, ada tujuh bentuk utama rasa ingin tahu dalam Al-Qur'an: eksistensial, observasional, empiris, ilmiah, akademis, spiritual, dan ketekunan optimis. Menurut penemuan ini, Al-Qur'an tidak hanya memberikan arahan normatif, tetapi juga mengilhami manusia untuk secara aktif mencari makna melalui akal, indra, dan dimensi spiritual. Rasa ingin tahu dalam Al-Qur'an bukanlah indikasi kebingungan; sebaliknya, itu adalah cara untuk memperoleh pengetahuan, keimanan, dan pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
’Afiifah, Isnaini Nur, and Muhammad Slamet Yahya. “Konsep Belajar Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah).” Arfannur 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.161.
Aiman, Ghiyats. “Pemikiran Martin Heidegger Tentang Eksistensialisme Dan Pengejawantahan Metodologinya Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Teknologi Pendidikan 11, no. 2 (2022). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7298.
Aisyah, Aisyah. “Menelaah Mahakarya Muhammad Quraish Shihab: Kajian Metodologis Dan Penafsirannya Dalam Tafsir Al Misbah.” Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.58404/uq.v1i1.12.
Alim, Alimatus sa’diyah. “Hakikat Manusia, Alam Semesta, Dan Masyarakat Dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Keislaman 15, no. 2 (2020). https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1760.
Amin, Khairul. “Diskursus Metafisika Dalam Tradisi Filsafat Barat, China, Dan Islam: Studi Komparatif.” Researchgate.Net 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16875.76321.
An, Berdasarkan Al-qur, and D A N Hadits. “Volume 5, Number 4.” Journal of Agromedicine 9, no. 2 (2005). https://doi.org/10.1300/j096v09n02_19.
Azka N. “Larangan Putus Asa Dalam QS . Yusuf : 86-87 ; Studi Hermeneutika Abdullah Saeed Atas Kisah Nabi Ya ’ Qub Dan Nabi Yusuf.” Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.24090/maghza.v6i2.4862.
Bayuningrum, Wardah Arum. “Curiosity Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Psychological Journal: Science and Practice 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.15706.
BS, Iman Asroa, and Wahidah Fitriani. “Integrasi Perkembangan Kognitif Individu Dalam Al-Qur’an Dengan Aspek Religius.” As-Sabiqun 4, no. 5 (2022). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2269.
Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.
Febri Widiandari, and Dwi Ratnasari. “Kecerdasan Intelektual Ditinjau Dalam Perspektif Al-Quran.” An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i1.73.
Haramain, Muhammad, and St. Aminah. “Peaceful Da’wah and Religious Conflicts in Contemporary Indonesia.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 14, no. 2 (2022). https://doi.org/10.35905/kur.v14i2.3092.
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin. “Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 8, no. 2 (2018): 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397.
Hunaepi. “Tinjauan Pendidikan Dari Perspektif Konstruktivisme Dan Perspektif Kristis,” no. November (2023).
Ismail, Mohammad. “Konsep Berpikir Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak” XIX, no. 02 (2014). https://doi.org/10.19109/td.v19i02.20.
Kristi, Elizabeth, Alwizar, and Kadar Yusuf. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Al- Qur ’ an” 8, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31943/jurnal.
Mardhiyana, Dewi, and Endah Octaningrum Wahani Sejati. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, no. 1 (2016).
Nurochim, Nurochim, Eva Royandi, Agus Mauluddin, and Siti Ngaisah. Kajian Al-Qur`an Dan Tafsir Di Indonesia. Co-Author. Vol. 18, 2022. https://www.academia.edu/76429971/KAJIAN_AL_QURAN_DAN_TAFSIR_DI_INDONESIA.
Rahmadi. “Konsep Dasar Psikologi Pendidikan.” Psikologi Pendidikan 3 (2023).
Rasyad, Rasyad. “Konsep Khalifah Dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat Al-Baqarah Dan Ayat 26 Surat Shaad).” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 19, no. 1 (2022). https://doi.org/10.22373/jim.v19i1.12308.
Rochima, Nadia Leila Shofiyatul Hanik, Naila Rahma Haniyyah, & Ana Rahmawati. “Membangun Mentalitas Optimis Dan Sabar : Telaah Konseptual Dalam Al- Qur ’an” 5, no. 1 (2025).
Rohmanan, Mohammad, and M. Lytto Syahrum Arminsa. “Metode Tafsir Al-Baghawi Dalam Kitab Ma’alim Al-Tanzil.” Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits 14, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v14i1.4480.
Setianingsih, Ika Sulis, Politeknik Kesehatan, Bhakti Setya, and Hery Yanto The. Psikologi Pendidikan Strategi Pembelajaran Efektif, 2025.
Sudradjat, Iwan. “Membangun Teori Lokal Melalui Grounded theory.” Forum Dialog Arsitektur: “Membangun Teori Arsitektur Lokal no. (2022). https://www.researchgate.net/publication/362181737%0AMEMBANGUN.
Vera, Susanti, and R. Yuli A. Hambali. “Aliran Rasionalisme Dan Empirisme Dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.15575/jpiu.12207.
Wahid, Abdul, and Hilman Ismail Firdaus. “Hakikat Manusia Dalam Al- Qur ’ an : Kajian Tafsir Tematik.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022).
Wardani, Wardani. Aneka Pendekatan Dalam Tafsir Al-Qur ` an : Dari Khazanah Pemikiran Islam, 2022.
Wati, Wirda, Alfiah Alfiah, and Sylvia Sofian. “Kemukjizatan Al-Qur’an Dalam Pembuktian Sains Modern.” Journal on Education 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.623.
Zaini, Moh. “Pengetahuan Dan Manusia (Hakekat Dan Tujuan).” Filsafat Ilmu, no. December (2018). https://www.researchgate.net/publication/329371546_PENGETAHUAN_DAN_MANUSIA_HAKEKAT_DAN_TUJUAN.
Zuhriyandi. “Aspek Psikologis Pada Ayat-Ayat Mengenai Kesabaran Dalam Al-Quran.” Jurnal Ruhul Islam 2, no. 1 (2024). https://doi.org/10.33476/jri.v2i1.167.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.5403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Rohmah, Endang Saeful Anwar, Hikmatul Luthfi, Muhammad Alif