Implementasi Nagham dalam Seni Tilawah Al-Qur’an di Pesantren Al-Muhsinin Kec. Rimba Melintang

Fatimah Fatimah, Afrizal Nur

Abstract


Latar belakang penelitian ini muncul dari kebutuhan untuk mengembangkan metode efektif dalam pembelajaran seni tilawah Al-Qur'an, terutama penggunaan nagham sebagai teknik memperindah bacaan. Di Pesantren Al-Muhsinin, kegiatan seni tilawah menjadi salah satu program unggulan yang tidak hanya ditujukan untuk kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), tetapi juga sebagai sarana mendekatkan santri dengan Al-Qur'an secara spiritual dan emosional. Namun, sebagian santri masih mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan nagham, terutama pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran nagham serta bagaimana implementasinya dalam praktik tilawah Al-Qur'an di pondok pesantren tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode halaqah sangat efektif dalam mengajarkan seni tilawah. Metode ini memperkuat hubungan antara guru dan santri, mempermudah penyampaian materi, dan menciptakan lingkungan belajar yang harmonis. Implementasi nagham terbukti meningkatkan kualitas bacaan, kepercayaan diri, serta semangat santri dalam berlatih. Selain itu, pembelajaran nagham juga memberikan dampak sosial positif, di mana santri yang mahir menjadi teladan di masyarakat dan berperan sebagai pengajar tilawah di lingkungannya. Keseluruhan proses ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tilawah berbasis nagham dapat dijadikan model pembinaan keagamaan yang efektif.


Keywords


Implementasi, Nagham, Seni Tilawah

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Irviani. “Pengertian Implementasi Dan PendapaT Ahli.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019).

Achmad Abubakar Adistian, “Tradisi Haflah Tilawah Al-Qur’an Pada Masyarakat Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima: Perspektif Pendidikan Islam,” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 17, no. 21 (2019).

Ainatu Masrurin, “Resepsi Al-Qur’an Dalam Tradisi Pesantren Di Indonesia(Studi Kajian Nagham Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Ngadiluweh Kediri),” Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir II, no. 1 (2018).

’Ainatu Masrurin, “Murattal Dan Mujawwad Al- Qur’an Di Media Sosial,'' Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 19, no. 2 (2018).

Badaruddin Mastur, Mu’aidi, Sabaruddin, “Seni Tilawah Al- Qur’an Dalam Pembentukan Karakter,” AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies VII, no. 1 (2022).

Eva Maysi, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Seni Baca Baca Al-Qur’an Melalui Program Tilawah Al-Qur’an Di Sekolah Tilawah Al-Qur’an Banjarmasin” (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, 2020).

Hilman Rizky Hasibuan, “Implementasi Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an Dalam Membina Kemampuan Tilawah Peserta Didik Dirumah Qur’an Baitul Qurro Al-Azhar Kota Padangsidimpuan” (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021).

Ibnu Mandzur, Lisan Al-Arab (Daar: al-Ma‘arif, 1989).

Jalaluddin As-Sayuthi., Al-Jami Ash-Shaqhir FIahadi Tsil Basyirin Nadzir (Lebanon: Darul Kutub Al-Islamiah, 1410).

KBBI. “Implementasi,” n.d. http://kbbi.web.id/implementasi.html.

Kuntarto, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Seni Baca Al-Qur’an Pada Santri Di Pesantren An-Najah Purwokerto,” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers 8, no. 1 (2016).

Maskur, “Seni Baca Al-Qur’an : Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits,” Quality 7, no. 2 (2019).

Naoura Khasna Syarifa, “Seni Baca Al-Qur’an Di Jam’iyyah Qurra’ Al-Lathifiyah Kradenan Pekalongan (Analisis Resepsi Estetis)” (Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018): 109.

Nurul Khairani, “Implementasi Pembinaan Nagham Al-Qur’an Dalam Rangka Pengembangan Bakat Santri (Studi Kasus: Di SMP IT Pondok Pesantren Al-Qur’aniyyah)” (Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2017).

Rofifah, Dianah. “Implementasi Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Iqro.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 1, no. 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fatimah, Afrizal Nur

sbobet