Materi Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis

Cut Dewi, Fauzan Azhima, Safrina Ariani

Abstract


Penelitian ini membahas materi pendidikan Islam dari perspektif hadis, sebagai sumber ajaran yang memberikan fondasi spiritual, intelektual, dan moral dalam sistem pendidikan Islam. Dalam konteks ini, hadis Nabi Muhammad SAW tidak hanya berfungsi sebagai penguat Al-Qur’an, tetapi juga sebagai panduan praktis dalam merancang materi pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kepustakaan dengan analisis isi terhadap teks-teks hadis klasik dan kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa materi pendidikan Islam yang berlandaskan hadis mencakup tiga aspek utama: tauhid, fiqih, dan tasawuf. Ketiganya memiliki peran signifikan dalam pembentukan karakter peserta didik yang berakhlak mulia, memiliki kedalaman spiritual, serta pemahaman agama yang utuh. Tauhid mengajarkan nilai keesaan Allah dan membentuk fondasi iman, fiqih memberikan pemahaman hukum syariat, sementara tasawuf menanamkan nilai-nilai keikhlasan dan kesadaran spiritual. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan spiritual dalam kurikulum pendidikan Islam. Integrasi hadis dalam materi ajar bukan hanya memperkuat landasan normatif pendidikan, tetapi juga memperkaya metode dan tujuan pembelajaran agar lebih kontekstual dan aplikatif. Oleh karena itu, hasil penelitian ini penting untuk dijadikan referensi dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter Islami secara menyeluruh.


Keywords


Materi Pendidikan, Islam, Hadis

Full Text:

PDF

References


Aminah, Neneng, and Machdum Bachtiar. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadits Hadith On The Concept Of Islamic Educationnal Organization Management In The Perspective Of.” Indonesian Journal of Islamic Studies (IJIS) 1, no. 1 (2025).

Bustari, Syafrudin, Rehani, Sanusi Ihsan, and Kurnia Asraf. “Motivasi Dalam Al-Qur’an Dan Hadis: Landasan Spiritual Untuk Meraih Kesuksesan Dalam Pendidikan.” Mauriduna: Journal of Islamic Studies 5, no. 4 (2024). https://doi.org/10.37274/mauriduna.v6i1.1333.

Kartina, Zakariah Azakari, and Novita. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Potensi Intelektual Peserta Didik.” JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia 1, no. 7 (2024).

Khotib, Nuraini, and Syamsul Aripin. “Pendidikan Islam Sebagai Sarana Pengembangan Diri.” Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran 07, no. 1 (2025).

Muflihah, Az-Zahra, Kodir Abdul, and Rohanda. “Esensi Pendidikan Inspiratif.” Journal Pedia 6, no. 2 (2024).

Muhammad, Fauzhan ’Azima, and Sari Fitri. “Metode Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis.” Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd) 2, no. 1 (2021).

Muhammad, Iqbal, and Rachmadani Fajar. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Hadis Anjuran Menceritakan Kisah Bani Israil: Studi Ma’ani al-Hadis.” Riwayah : Jurnal Studi Hadis 6 (2020).

Mulyawan, Hafid, and Mahmudi. “Ayat Dan Hadis Tentang Tauhid Hubungannya Dengan Konsep Pendidikan Islam Holisik.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6, no. 4 (2024). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1205.

Mutholingah, Siti, and Basri Zain. “Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam.” Journal TA’LIMUNA 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.662.

Muttaqin, Jamalul, and Moch. Dimas Maulana. “Kajian Hadis Ahl Al-Sunnah Di Pesantren: Studi Kitab Hujjah Ahl al-Sunnah Wa al-Jama’ah Karya Kyai Ali Ma’sum Krapyak.” Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2020. https://doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7541.

Nurul, Haq, and Nurhayati. “Problematika Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik Perspektif Islam.” Al-Ma’lumat Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, no. 3 (2025).

Tarmizi, M Jakfar. “Potret Ajaran Tauhid Dalam Hadis.” Jurnal Pemikiran Islam 3, no. 2 (2023).

Wawan, Setiawan, and Yuliharti. “Materi Pendidikan Tentang Fiqih Berdasarkan Hadis Tarbawi.” Al-Uswah: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.24014/au.v1i2.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.5097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cut Dewi, Fauzan Azhima, Safrina Ariani

sbobet