Storytelling Sebagai Metode Pembelajaran Maharah Kalam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Naqah, M. K. (1985). Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Li AlNathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih’. Makkah Al-Mukarramah: Jami’at Um Al-Qura.
Ali, F., & Al-Rauf, M. Y. A. (2003). Al-Marji’ Fy Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah Ila alTathbiq. al-Qahirah: Maktabah Wahbah.
Annisa, M. N., & Safii, R. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Tinggi. ELOQUENCE : Journal of Foreign Language, 2(2), 313–328. https://doi.org/10.58194/eloquence.v2i2.861
Aprianti, N., Purnawati, A., Nur’aslinda, S., & Sari, H. (2023a). Benefits of Story Telling in Improving Early Childhood Speaking Skills. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 1(1), 67–81. Retrieved from https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/piaud/article/view/34
Aprianti, N., Purnawati, A., Nur’aslinda, S., & Sari, H. (2023b). Manfaat Story Telling dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Al-Amin: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81. Retrieved from https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/piaud/article/view/34/41
Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166
Bahrun, M. F., Makmur, R. M., Azis, A. J., & Daroini, S. (2024). Penerapan Muhādatsah Al-Yaumi dalam Peningkatan Keterampilan Kalām pada Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 19. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.2959
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181
Bazán-Ramírez, A., Velarde-Corrales, N. M., Rodríguez-Pérez, M. E., Guerrero-Barrios, J., & Anaya-González, R. B. (2022). Observational Record and Self-Report of Teacher-Student Performance in High School Lessons. International Journal of Educational Methodology, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.12973/ijem.8.3.479
Febriani, S. R., & Mahmudi, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dan Independen di Era Revolusi Industri 4.0. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 59. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.371
Febriyanti, E. R., Listia, R., & Chandra, N. E. (2023). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Tehnik Storytelling dalam Kelompok Kecil bagi Siswa SMPN 2 Alalak. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 70–78. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1084
Hanani, N. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Kontemporer : Konstruksi Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komunikatif - Sosiolinguistik. Bandung: Cendikia Press.
Jordan Alan, Nurul Aini, & Ninda Ma’uunatul. (2023). The Use Of Digital Storytelling In Learning Listening Based on Students’ Comprehension in EFL Class. English Teaching Journal and Research: Journal of English Education, Literature, And Linguistics, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.55148/etjar.v3i1.614
Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), 1251–1258. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314
Kurnianto, A. (2022). Implementasi Ekstrakurikuler Arabic Club Guna Meningkatkan Komunikasi Bahasa Arab Siswa SD Muhammadiyah Modern Boarding School Prambanan. Shaut Al Arabiyyah, 10(1), 101–106. https://doi.org/10.24252/saa.v10i1.25701
Laubaha, S. A., Otaya, L. G., Yasin, Z., Hula, I. R. N., Hairuddin, H., & Adam, M. Z. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Mahāratul Kalām Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Gorontalo. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 459. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.3340
Lee, K., Kang, E., & Park, E. J. (2023). Storytelling as a learning tool in creative education: A case study in an architecture design studio. Thinking Skills and Creativity, 48, 101274. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101274
Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.
Maidarlis, S., Djeprin E Hulawa, Hakmi Wahyudi, & Kasmiati. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Pembelajaran Maharah Kalam Pada Siswa MAN 2 Tanah Datar (Prespektif B.F Skinner). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 195–214. https://doi.org/10.51339/muhad.v5i2.1499
Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling dalam Pembelajaran Di MI/SD. Jurnal Jipdas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283
Megayanti, V. A., & Anwar, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Story Telling terhadap Maharah Al-Kalam Siswa Kelas X MAN Sidoarjo. Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/emergent.v1i4.35
Mokoginta, S. M. V., & Muassomah, M. (2022). The Effectiveness Of Fun Easy Learn Media to Improve Vocabulary in Marah Kalam At Mtsn Batu. Lugawiyyat, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.18860/lg.v4i2.16198
Mutholib, A., & Setyawan, C. E. (2020). Pendidikan Bahasa Arab Arabic Teacher, Who, How and Why in Digital Era? (Cirebon). Nusa Litera Inspirasi.
Najahah, U., & Qomariyah, L. (2023). Implementasi Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa Kelas XII Di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari, Jogoroto, Jombang. Menara Tebuireng: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/menaratebuireng.v19i1.5133
Rafiola, R. H., Anggraini, D., & Sari, V. N. (2022). The Effectiveness of Storytelling Method To Increase Language Development In Early Childhood. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(3), 461–471. https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.8140
Ramadhania, J., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Paired Storytelling Learning Model Assisted By Paper Puppet Media On Students’ Speaking Skills. Journal of Education Technology, 4(4), 524. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27108
Rofiq, A., Nisa, K., & Muid, A. (2024). Innovation of Storytelling and Role-Playing Methods in Islamic Religious Education Learning. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 3(1), 47–58. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v3i1.52
Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19
Salman, N. I. M., Rabiah, S., & Mazhud, N. (2024). Penerapan Metode Storytelling dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 3 Sinjai. Journal on Education, 6(2), 15045–15055. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5392
Samosir, L. B., P Herawati, J., & Samosir, R. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 107–122. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nakula.v1i6.248
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Sholihah, H. (2023). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XII Agama MAN 1 Gresik. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.7108
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Retrieved from https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/
Untari, T. D., Cahyono, B. E. H., & Nasrullah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Paired Story Telling pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Cerita Pendek pada Siswa Kelas VA SDN Pangongangan Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 2(3), 38–53. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/wjpm.v2i3.19419
Yasin, A., Fadlurrahman, F., Sayadi, S., & Muhammad, M. (2023). Urgensi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Milennial (The Urgency Of Arabic Learning Strategies In The Millennial Era). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 275–286. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.320
Zuliani, R., Heni, N., & Sakina, S. P. (2023). Meningkatan Kemampuan Berbicara Siswa melalui Storytelling pada Siswa Kelas II MI Al- Irsyad Kota Tangerang. TSAQOFAH, 3(5), 816–824. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1384
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.