Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Number Card Terhadap Penguasaan Mufradat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, Aniqah Laili, and Universitas Nurul Jadid. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Maha<Rah Al Qira<Ah Di Ma’had ‘Aly Nurul Jadid.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 7(1):63–80.
Adinti, Chinthia, Dwijowati Asih Saputri, and Rizki Wahyu Yunian Putra. (2021). “Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Dengan Mengaplikasikan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (Tgt) Berbasis Bahan Ajar Gamifikasi.” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):98. doi: 10.33087/phi.v5i2.142.
Amalia, Aam. (2020). “Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut Al Arabiyyah 8(1):75. doi: 10.24252/saa.v8i1.11551.
Amaluddin, Muh Asrianto Setiadi, and Andi Sufiana. (2022). “Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Meningkatkan Antusias Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Bahasa Inggris.” Guru Pencerah Semesta 1(1):14–20. doi: 10.56983/gps.v1i1.444.
Anifah, Siti, Hasan Syaiful Rizal, and Mochamad Hasyim. (2023). “Pengembangan Pembelajaran Melalui Media Ajilatu Dawwarah Al-Mufradat Untuk Meningkatkan Hafalan Mufradat Siswa Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Gresik.” Impressive: Journal of Education 1(4):180–87. doi: 10.61502/ijoe.v1i4.56.
Asrian, and Gamaliel Septian Airlanda. (2023). “Peningkatan Karakter Gotong Royong Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Pembelajaran IPAS SD.” Janacitta 6(2):124–33. doi: 10.35473/jnctt.v6i2.2596.
Azzahra, Utami, Fitri Arsih, and Heffi Alberida. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 3(1):49–60.
Budiman, Agus, and Nurfadilla Eka Pratiwi. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ushul Fiqh 3E Gontor.” Research and Development Journal of Education 8(2):505. doi: 10.30998/rdje.v8i2.13057.
Dewi, Putu Ayu Candra, Maria Goreti Rini Kristiantari, and Ni Nyoman Ganing. (2021). “Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SD Pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa.” Indonesian Journal of Instruction 2(2):61–72. doi: 10.23887/iji.v2i2.44511.
Febriani, Suci Ramadhanti, and Arifka Mahmudi. (2021). “Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dan Independen Di Era Revolusi Industri 4.0.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 4(1):59. doi: 10.35931/am.v4i1.371.
Isnaini, Nurul, and Nurul Huda. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas VIII MTsN 10 Sleman.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 3(1):1. doi: 10.35931/am.v3i1.156.
Jailani, Mohammad, Wantini Wantini, Suyadi Suyadi, and Betty Mauli Rosa Bustam. (2021). “Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik Dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6(1):151–67. doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115.
Jamliah, Jamliah. (2021). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) 2(2):35–37. doi: 10.37251/jpaii.v2i2.596.
Linur, Rahmat. (2022). “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo.” AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(1):11–21. doi: 10.30863/awrq.v3i1.2946.
Mahendra, E. R. dkk. (2021). “Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Education … 9(1):279–84.
Putri, Prihastini Oktasari. (2019). “Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Intersections 4(2):8–16. doi: 10.47200/intersections.v4i2.496.
R., Fina, Nurmin Aminu, and Didin Adri. (2023). “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Sd Negeri 71 Buton.” JEC (Jurnal Edukasi Cendekia) 7(1):32–42. doi: 10.35326/jec.v7i1.3475.
Rahmawati, Diyah, and Nur Rokhmatulloh. (2023). “Hubungan Antara Minat Dan Penguasaan Mufradat Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Mamba’ul Ulum Sumbergedang Pandaan.” Impressive: Journal of Education 1(1):18–26.
Rosyida, Binti, Sri Astutik, Fahmi Arif Kurnianto, Era Iswara Pangastuti, and Muhammad Asyroful Mujib. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Geografi SMA.” Majalah Pembelajaran Geografi 6(1):132. doi: 10.19184/pgeo.v6i1.38710.
Sa’diyah, Halimatus, Alda Safira Ramadani, Yulia Ningsih, and Sanimah -. (2022). “Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa.” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8(1):109–15. doi: 10.37755/sjip.v8i1.594.
Safitri, Ashifa Zulfika, M. Arief Budiman, and Ari Widyaningrum. (2019). “The Effectiveness of Teams Games Tournament Learning Model Assisted by Media Question Cards to Improve Understanding of Theme Kayanya Negeriku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(3):281.
Safniyeti, Safniyeti, Abas Abas, and Aceng Ruyani. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas X SMAN 4 Kota Bengkulu.” Biota 10(1):20–34. doi: 10.20414/jb.v10i1.18.
Sakdiah, Nikmatus, and Fahrurrozi Sihombing. 2023. “Nikmatus Sakdiah and Fahrurrozi Sihombing, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,’ Jurnal Sathar 1, No. 1 (2023): 34–41, Https://Doi.Org/10.59548/Js.V1i1.41.” Jurnal Sathar Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 1(1):34–41.
Salu, Beatrix Ela, and Agustina Tyas Asri Hardini. (2023). “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3):1475–80. doi: 10.31949/educatio.v9i3.5158.
Sani, Zulaikha Marta, Sudarmin Sudarmin, and Sri Nurhayati. (2015). “Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Number Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa.” Jurnal Scientia Indonesia 1(1):56–66. doi: 10.15294/jsi.v1i1.7942.
Sardi, Ahmed, Andi Kamal Ahmad, and Faridah Abdul Rauf. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar PKN Tentang Keragaman Suku Dan Agama Di Negeri Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).” Journal of Education Science 2(2):1–8.
Sehra, Anisah Satus. (2022). “Problematika Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Intensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 20(2):209–24. doi: 10.20414/tsaqafah.v20i2.3827.
Sujana, Sujana. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Ilustrasi.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 1(1):37–46. doi: 10.56916/ejip.v1i1.15.
Sulfemi, W.B., &. Setianingsih. (2018). “Penggunaan Tames Games Tournament ( Tgt ) Dengan.” 01(01):1–14.
Zaeni, Akhmad, and Miftachul Taubah. (2023). “Implementasi Metode Musyabahah Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Pada Mahasiswa PBA Universitas Al- Falah Assunniyyah (UAS) Kencong Jember.” 3(2):101–8.
Zulfadhli Abdillah, Raudhatul Fadhilah, dan Rizmahardian A. .. (2018). “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kartu Soal Pada Sub Materi Ikatan Kovalen Kelas X Mia Di Sma Islam Haruniyah Pontianak.” 2(8):56–64.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.