Pengaruh Chromebook dengan Google Workspace terhadap Minat Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal. Pembelajaran IPA adalah kurangnya inovasi pembelajaran mengenai digitalisasi, media pembelajaran yang kurang inovatif ,metode pembelajaran yang mototon hanya menggunakan ceramah sehingga berpengaruh pada minat belajar yang kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes (pre-test post-test) berupa tes tulis. Tes tulis yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 5 soal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas V di SDN 01 Demangan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 15 siswa. Yaitu siswa laki-laki berjumlah 9 dan siswa perempuan berjumlah 6. Hasil data yang telah dikumpulkan dan hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap permasalahan dengan menggunakan SPSS 21 untuk mengetahui Minat Belajar terhadap Chromebook dan aplikasi Google Workspsce. Didapat hasil terdapat pengaruh Chromebook dengan Google Workspace terhadap minat belajar IPA Kelas V SDN 01 Demangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifa, Zairida Isra, Susanti Sufyadi, dan Agus Hadi Utama. “Pemanfaatan Chromebook sebagai Penunjang Pembelajaran bagi Siswa di SMPN 1 Banjarmasin,” 2024.
Astutik, Uli. “Peningkatan Keterampilan Literasi Digital melalui Media Chromebook Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran Tema 7 Siswa Kelas IV SDN Pandanrejo 01 Kota Batu,” 2023.
Bonheur. Advantages and Disadvantages of Chrome. Diakses dari Version Daily, 2018.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Ichda, Mochammad. “Pemanfaatan Chromebook dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Rendah Melalui Implementasi Cerita Bergambar Berbantuan Aplikasi Literacy Cloud,” 2023.
Indraningrum, Ambarsari, Widha Sunarno, dan Nonoh Siti Aminah. “Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis IQRA Tema Lingkungan Pantai untuk Memberdayakan Karakter Religius Siswa SMP/MTs Kelas VII Semester II.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 6, no. 3 (2018). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17858.
John, P. “Chrome Book In Nutshell: An Extraordinary Laptop For Extraordinary People,” 2016.
Kresnadi, Hery, Siti Halidjah, Rio Pranata, dan Husni Syahrudin. “Pemanfaatan Chromebook dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 9, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2028.
Mawardin, Mawardin, Adi Apriadi Adiansha, Mulyadin Mulyadin, dan Anita Nurgufriani. “Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students.” Journal of Insan Mulia Education 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.6.
Nahdi, Salim, Devi Afriyuni Yonanda Dede, dan Nurul Fauziah Agustin. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 2 (2018). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050.
Qosim, Ika Purwanti, Irma Indira, Rina Sulistyowati, Heny Isfadia, dan Slamet Santoso. “Pengenalan Dasar Chromebook sebagai Digitalisasi Pembelajaran.” Ahmad Dahlan Mengabdi 2, no. 1 (29 Mei 2023): 6–10. https://doi.org/10.58906/abadi.v2i1.87.
Rahmaningrum, Khoiriyati Kaulina, Sutrisna Wibawa, dan Heri Maria Zulfiati. “Pemanfaatan Chromebook untuk Evaluasi Pembelajaran Berbantuan Quizizz di Kelas III SD,” 2024.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Supriyadi, Agus, Abdul Muis, dan Lolita Hidayati. “Pengaruh Penggunaan Media Chromebook terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 6, no. 2 (2022). https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1578.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sarah Aszary, Raras Setyo Retno, Naniek Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License