Loyalitas Pelanggan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi Penjualan pada Pelanggan Pareto Penerbit Erlangga Cabang Palembang
Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Dalam industri penerbitan, seperti Penerbit Erlangga, menciptakan loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk mempertahankan pangsa pasar yang kompetitif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi penjualan dengan loyalitas pelanggan pada pelanggan Pareto Penerbit Erlangga di Palembang. Di tengah persaingan industri penerbitan yang semakin ketat, Penerbit Erlangga Cabang Palembang berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggannya. Fenomena ini menunjukkan bahwa meskipun memiliki produk berkualitas, loyalitas pelanggan masih menjadi tantangan besar. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya loyalitas pelanggan di Penerbit Erlangga Cabang Palembang. Pelanggan sering berpindah ke penerbit lain meskipun mereka merasa puas dengan produk yang ditawarkan. Terdapat celah penelitian mengenai bagaimana kombinasi dari kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi penjualan dapat secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian sebelumnya banyak yang hanya fokus pada salah satu faktor saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan pareto Penerbit Erlangga di Palembang. Responden pada penelitian ini berjumlah 92, dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner secara online dan offline. Analisis data menggunakan SPSS 25 pada pengujian validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (2) Kualitas Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) Promosi Penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan; (4) Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi Penjualan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, Giyats Rif’at. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (PAS Mart).” Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi 8, no. 1 (19 Juni 2020). https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2859.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Chrisnaya, Nico, Agus Rahman Alamasyah, dan Theresia Pradiani. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan pada Aka Coffee Malang.” JUBIS 4, no. 2 (2023).
Hanjaya, J.K., dan P.Y. Setiawan. “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Gojek di Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 11, no. 9 (2022). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03.
Hasan, A. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS, 2014.
Juliandi, A. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Salemba Empat, 2014.
Kotler, P., dan G. Armstrong. Principles of Marketing, 2008.
Kotler, P., dan K.L. Keller. Marketing Management. Pearson Prentice Hall, 2009.
Kristanto, Yunus. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung.” Jurnal Ilmu Manajemen 19, no. 1 (2022).
Musfar. “Understanding Product Quality and Its Impact on Customer Loyalty.” Journal of Consumer Behavior 25, no. 3 (2021).
Putri, Yulia Larasati, dan Hardi Utomo. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Among Makarti 10, no. 19 (2017).
Salsyabila, Shafira Ramadhanti, dan Arif Fadilla. “Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan.” Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen 18, no. 4 (2021).
Santoso, Joko Bagio. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 16, no. 01 (8 April 2019). https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271.
Shaharudin, M.R. “Impact of Service Quality on Customer Loyalty in the Banking Sector.” Journal of Business Management and Economics 2, no. 5 (2011).
Shareef, M.A. “The Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Banks in Peninsular Malaysia.” International Journal of Marketing Studies 1, no. 2 (2008).
Sofjan, A. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tjiptono, F. Strategi Pemasaran. Andi Offset, 2016.
Yoebrilianti, Anggit. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial).” Jurnal Manajemen 8, no. 1 (4 Juli 2018). https://doi.org/10.30656/jm.v8i1.660.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jayasan Sijabat, Theresia Pradiani, Fathorrahman Fathorrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License